Anak-Anak Papua Raih Medali Emas Piala Ibu Negara, Jefri Abel: Lahir Talent-Talenta Muda Berbakat

Atlet-atlet Papua meraih medali Kejuaraan Piala Ibu Negara 2022

JAKARTA,wartaplus - Kontingen Provinsi Papua mengikuti Kejuaraan Piala Ibu Negara tahun 2022 di DKI Jakarta  yang berlangsung tanggal 13-15 Desember 2022. Perhelatan Piala Ibu Negara adalah event rutin 2 tahunan PB Porserosi dimana event tersebut adalah pertandingan resmi antar Provinsi pada tingkatan Kelompok Umur pada disiplin Speed Skating, Kelas Free Style dan Skateboard. Ini diungkapkan
Ketua Pengprov Perserosi Papua, Jefri Abel, Rabu (21/12/2022) pagi.

Kontingen Papua hadir dengan 2 disiplin  Freestyle Porserosi Papua menurunkan Muh. Davinsky Nursyamsi yang terhenti pada urutan 7 nasional.

Berbeda dengan Speed Skating, Porserosi Papua menurunkan 14 atlet yang tersaring lewat 2 kali selekda yang dilakukan pada bulan awal November 2022 lalu dan disaksikan oleh Waketum Binpres Koni Papua, Prof. Saharuddin Itta. Dan hasil yang dicapai dalan Piala Ibu Negara dan Jakarta Open 2022,  kontingen Papua menempati urutan 5 besar.

Kata dia, medali emas yg diraih oleh atlet Papua yang terdiri dari  Raehan Julio Putra pada nomor Sprint 200m Flying Start  dan juga merajai lagi nomor Mass Start 1000 putra, disusul atlet Yudistira pada nomor Marathon putra KUD dan atlet Dave E. Abel pada nomor marathon Putra Junior.

Medali perak diraih atlet Steve K. Abel apada nomor Drag Race 100m Pa KU B. Medali perunggu diraih oleh atlet Riang Praditha Irawan pada nomor Drag Race 100m junior putri, atlet Raehan Julio Putra pada nomor Dual Time Trial 200m putra, atlet M. Yudistira pada Nomor 200m KU D Putra dan pada Nomor Beregu Relay Putra 3 kilometer atlet Stevino Iwanggin, Steve K. Abel, Gratias L, Beelsuarez Gaspers meraih medali perunggu.

"Dengan demikian Pengprov Papua telah meraih 4 emas, 1 Perak dan 4 Perunggu sehingga menempatkan kontingen Papua sebagai peringkat 5 nasional pada event Piala Ibu Negara & Jakarta Open 2022. Salah 1 yg membanggakan kami adalah telah lahir talenta talenta muda Papua yang mampu meraih prestasi ditingkat nasional seperti Stevino Iwanggin. Capaian ini adalah bukti keseriusan Pengprov Porserosi Oapua dalam pembinaan  prestasi dan menjaga tradisi emas dari PON XX Papua menuju PON XXI Aceh Sumut,"ujarnya.

Dikatakan, kesemua peraih medali diatas merupakan atlet club Cenderawasih Speed Skating yang berada dalam naungan Pengkot Porserosi Kota jayapura.

Lanjutnya, terlebih dalam kedua event diatas, salah 1 pengurus Pengprov Porserosi Papua terlibat secara khusus dalam kepanitiaan pada kedua event diatas sebagai judges.

"Saudara Yonas Randan Bua'k dipilih sebagau judges mengingat  dirinya pernah dan telah mengantongi sertifikat wasit nasional yg pernah dilaksanakan PB Porserosi tahub 2018 lalu di Jakarta,"tandasnya.*