Trending Topik

Pertahankan Tradisi dan Jati Diri Seorang Mahasiswa Uncen Kuliah Gunakan Koteka

Devio Bastian Tekege/Facebook Marinus Yaung

JAYAPURA,-Mahasiswa Universitas Cenderawasih datang ke Kampus dan mengikuti kuliah gunakan  koteka. Kedatangannya mengikuti dengan  gunakan busana adatnya  menjadi pembeda, Senin (28/5) pagi.  Penghargaan  tradisi adat menjadi penghormatan baginya.

Terungkapnya mahasiswa  kuliah gunakan  koteka dari akun facebook  milik Marinus Young yang juga dosen Fisip Universitas Cenderawasih. Dalam akun facebooknya ia menulis;

Gunakan Koteka ke kampus untuk kuliah: History maker !

28/05/2018

Jam: 07.00 WPB  (waktu Papua Barat) salah satu mahasiswa Universitas Cenderawasih Papua, jurusan Teknik Elektro Semester Empat(4 atas nama: Devio Bastian Tekege. Telah membuktikan sejarah baru bagi mahasiswa/i Papua semua pusat prihatian terhadap Devio.

Dia tiba di kampus jam  08.00 WPB. Ia masuk dalam ruang kelas memakai atribut budaya suku Mee (Koteka), sambil mengikuti dua  mata kuliah ;

1. Metematika dua (2)
2. Elekro analok

Banyak mahasiswa/i langsung memusatkan perhatiannya ke dia dan juga para dosen.

Seorang dosen bertanya ke Devio,  kamu kenapa memakai koteka ke kampus apakah ada kegiatan?  Lalu devio menjawab "Tidak ada pak" .

Lalu ada satu orang dosen yang memintah foto bersama Devio dengan tegas Devio tolak dan Devio bilang ini bukan tepat fashion show pak.

Ini budaya jati diri saya sebagai orang Papua saya harus melestarikan budaya saya, saya memakai budaya saya ini bukan saja di hari-hari tertentu tapi saya pakai sebagai pakaian keseharian saya.

Davio mencoba menyampaikan pesan simbolis kepada mahasiswa-mahasiswa Papua di Uncen bahwa kita sebagai orang Papua kita harus sadar untuk melestarikan budaya kita.

Davio kemudian mengajak teman-teman Papua yang lain utk melakukan hal yang sama dan ajakan Davio direspon sama seorang temannya asal suku Acemoo/Manokwari yang juga merasa tertarik melihat penampilan Devio memakai koteka".

Lalu mereka berdua sepakat untuk menggunakan pakaian adat masing-masing untuk masuk kuliah hari Rabu karena Selasa libur. Sudah waktunya anak-anak Papua asli kuliah pake pakaian tradisionalnya.

Untuk pertama kali saya melihat mhasiswa Uncen pakai koteka masuk kampus! *