Jelang 1 Desember, Pendeta Alberth Yoku Minta Mahasiswa Papua Tidak Terlibat dalam Konteks-Konteks Politik yang Idealis

Pendeta Alberth Yoku/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - 1 Desember kerap dikaitkan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).  Menyikapi hal itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jayapura, Pendeta Alberth Yoku, meminta para mahasiswa Papua yang menjalani studi di manapun untuk tidak terlibat aksi-aksi demo yang tujuannya tidak jelas.

‘’Saya mengimbau adik-adik, anak-anak saya yang kuliah, baik di Papua maupun di luar tanah Papua, di Indonesia maupun di luar negeri, kita bersekolah, berkuliah itu demi membangun masa depan, baik bagi diri kita sendiri, keluarga kita dan orang banyak,’’ pinta Pendeta Alberth. 

Pendeta Alberth Yoku menyebutkan, kegiatan kuliah itu wujudnya jelas. Setiap tahun pindah semester sampai wisuda dan mendapatkan gelar. Dengan gelar dan ijazah yang dimiliki, kita bisa gunakan untuk bekerja. Ijazah dan gelar akademis adalah salah satu prasyarat untuk meniti karir politik menjadi bupati, menjadi anggota DPR, dan menjadi gubernur. 

‘’Jadi tekunilah ilmu dan timbalah banyak pengalaman. Jangan terlibat di dalam konteks-konteks politik yang idealis, yang wujudnya anda tidak tahu. Silahkan anda punya kebebasan untuk menentukan tetapi pilihlah jalan yang terbaik, supaya ada masa depan untukmu,’’ tegas Pendeta Alberth di Jayapura, Senin (28/11/2022).

Ketua Forum Masyarakat Adat Tabi ini juga mengingatkan para mahasiswa Papua untuk menyadari dari mana ia datang dan untuk apa mereka kuliah di kota-kota besar. Di tempat kuliah, para mahasiswa Papua mendapatkan berbagai fasilitas, seperti tinggal di asrama-asrama yang luks, berlantai keramik, ada AC. Sementara keluarganya di kampung tidak mendapatkannya.  

‘’Bapa-mama mu mendoakan mu untuk menjadi orang baik, mempunyai bekal, kepandaian, keahlian untuk kembali mengubah keadaan di kampung-kampung mu. Sekalipun orang banyak datang (ke Papua) dengan kepandaiannya, tapi bangsa ini atau orang asli Papua akan bangkit untuk memimpin dirinya sendiri. Ini bukan pernyataan politik, tapi ini motivasi positif untuk mengedukasi diri kita. Kalau kita datang kuliah, rebutlah ilmu dengan baik dan pengalaman dengan baik, karena kampung menunggu mu,’’ pesan Pendeta Alberth Yoku.

Sekali lagi Pendeta Alberth mengingatkan para mahasiswa tentang tujuan studi, yakni menimba ilmu sebanyak mungkin dan mendapat ijazah.

‘’Sesudah itu kita pulang untuk berguna bagi diri sendiri. Tidak usah terlibat dalam aksi-aksi yang menjadi bukan tujuan dari studi mu,’’ kata Pendeta Alberth.