Acara Bakar Batu Sambut Hut Kemerdekaan, Satgas Yon 203/AK Sumbang Seekor Babi

Dansatgas Yonif 203/AK berbaur dengan masyarakat kampung Umbana Lanny Jaya dalam acara bakar batu sambut Hut kemerdekaan/dok:PenSatgas

TIOM, wartaplus.com - Jalin kebersamaan menyambut Hut ke-77 Kemerdekaan RI, Satgas Yonif Mekanis 203/AK bersama masyarakat di daerah penugasan Distrik Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua melaksanakan acara tradisi bakar batu, Sabtu, (13/08/2022).

Acara bakar batu dihadiri langsung Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Achmad Zaki, S.Sos. M.M bersama Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay, aparat kewilayahan dan para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda kampung Umbana.  

Dalam acara bakar batu tersebut, Satgas Yonif Mekanis 203/AK menyiapkan 250 ekor ayam dan 1 ekor wam (babi) untuk dimasak bersama dengan masyarakat Desa Umbana.

Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Achmad Zaki, S.Sos. M.M menuturkan bahwa, kegiatan bakar batu ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan kami di daerah penugasan pegunungan tengah papua serta dalam rangka menyambut hut kemerdekaan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota satgas dengan masyarakat binaannya," kata Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Achmad Zaki dalam rilis tertulisnya, Kamis (18/08).

Menurut ia, kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa anggota Satgas Yonif Mekanis 203/AK diterima baik oleh masyarakat Kabupaten Lanny Jaya dan sekitarnya.

Selain bertujuan menjalin kebersamaan dan silaturahmi, kegiatan bakar batu juga bertujuan untuk memohon doa dari masyarakat Lanny Jaya Papua supaya Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK selalu diberikan kesehatan, keselamatan serta keamanan dalam pelaksanaan satgas selama kurang lebih 1 tahun kedepan.

Kepala Suku Kampung Umbana, Jacob mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK. 

"Saya selaku kepala suku mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih akan selalu mendoakan untuk Bapak-Bapak TNI semuanya selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Kegiatan acara bakar batu ini berjalan dengan hikmat dan lancar serta tak lupa acara ini juga bekerja sama dengan aparat kewilayahan setempat.(Adv/Pensatgas)