Kepala Kampung Gunakan Dana Desa Untuk Danai Pergerakan KKB di Nduga

Tersangka Terius Labie ketika dibawa dari Nduga menuju Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Kepala Kampung Wusi, Distrik Kenyam Kabupaten Nduga ditangkap Satuan Tugas Penegakan Hukum Damai Cartenz karena diduga terlibat dalam jual beli amunisi bagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga.

Pelaku bernama Terius Labie ditangkap berdasarkan keterangan pelaku Albert Nagen yang ditangkap terlebih dulu pada awal Juli lalu di Kabupaten Yimo dengan membawa 615 butir amunisi.

"Pasca penangkapan terhadap Albert Nagen pada Juli lalu, kami terus melakukan pengembangan kasus dan minggu kemarin kami kembali menangkap Kepala Kampung Wusi atasnama Terius Labie yang diduga kuat terlibat dalam pembelian amunisi," kata Dirkrimum Polda Papua, Kombes Pol Faizal Ramadhani saat ditemui diruang kerjanya, Senin (08/08/2022).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Terius Labie diketahui sebagai penyedia dana untuk pembelian ratusan butir amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata Nduga.

"Yang bersangkutan mengaku menyerahkan dana sebesar Rp 150 juta untuk pembelian amunisi bagi Kelompok Kriminal Bersenjata. Dana itu berasal dari dana desa," ungkap Faizal. 

Faizal menyebut, saat ini polisi sudah menetapkan Terius Labie sebagai tersangka dan sudah diamankan ke Polres Yalimo guna pengembangan penyelidikan.

"Sudah dibawa ke Polres Yalimo untuk pengembangan kasus guna mengungkap pihak lain yang terlibat dalam jual beli amunisi bagi kelompok kriminal bersenjata Nduga,"ujarnya.

Sebelumnya, Personel Polres Yalimo menangkap seorang oknum ASN Nduga atasnama Albert Nugen karena membawa 615 butir amunisi melalui jalur Trans Papua pada Rabu (29/06/2022) lalu. Diduga ratusan butir amunisi itu akan dipasok kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya.