Pemprov Papua Melaunching Kegiatan Hut ke-77 RI Dipusatkan di Stadion LE

Sekda Papua Ridwan Rumasukun melepas balon ke udara sebagai simbol dimulainya rangkaian kegiatan jelang HUT ke-77 RI di Provinsi Papua/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua melaunching kegiatan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (05/08) pagi.

Launching ditandai dengan pelepasan balon oleh Sekda Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun didampingi Wakapolda Papua, Brigjen Pol Ramdani Hidayat, Kajasdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Ashari, Ketua Panitia HUT, Muhammad Musaad. 

Launching diawali dengan acara jalan santai yang diikuti ratusan peserta dari berbagai instansi pemerintahan dan swasta, TNI Polri, pelajar dan masyarakat umum. Lokasi start dari pantai Khalkote dan finish di Stadion LE. 

Dalam acara jalan santai, panitia menyiapkan puluhan doorprize. Para peserta juga dihibur dengan penampilan musik tradisional suling tambur yang berasal dari suku Sentani, dan tarian dari sulawesi selatan. Para peserta juga diajak untuk olahraga bersama zumba dance dan line dance. 

Di kesempatan itu juga turut dibagikan ribuan helai bendera merah putih kepada masyarakat yang secara simbolis diberikan oleh Sekda Kepada Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Albert Yoku.

Ketua Panitia Hut ke-77 Pemprov Papua, Muhammad Musa'ad kepada wartawan usai jalan santai mengatakan, berbagai kegiatan dan lomba juga telah dipersiapkan oleh panitia dalam rangka memeriahkan Hut kemerdekaan ini.

"Ada kegiatan lainnya seperti donor darah ,vaksinasi dan anjangsana ke para tokoh yang ada di Papua. Lalu juga ada perlombaan dayung, renang, tarik tambang, panjat pinang serta lari 10 K yang mana dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Papua ," ujar Musaad yang menjabat Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua .

Ia menegaskan, semua kegiatan akan dilakukan di Stadion Lukas Enembe. Dengan maksud venue  yang ada di kawasan Stadion LE ini  bisa  dimanfaatkan dengan baik.

"Intinya semua kegiatan dalam rangka HUT ini kami pusatkan Stadion Lukas Enembe dimana temapat-tempat  yang sudah dibagun dengan biaya yang besar serta  telah membawa prestasi kepada Papua PON XX dan Peparnas XVI," jelasnya.

Lanjut kata Musaad, Stadion Lukas Enembe adalah aset pemerintah dan aset masyarakat sehingga harus dimanfaatkan dengan tujuan yang baik dan mudah-mudahan akan ada lagi event-event seperti ini.

"Untuk itu pelaksanaan upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga akan dilaksanakan Stadion Lukas Enembe, " tukasnya.

Dia menambahkan agar masyarakat, pelaku usaha, perkantoran serta seluruh masyarakat wajib memasang atribut bendera merah putih sebagai tanda rasa terimakasih terhadap pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuankan  kemerdekaan RI.

"Sekarang tugas kami menjaga dan mengisi Indonesia dengan pembangunan," tutup Musaad.**