Rapat Anggota Cabang DPC Perhimpunan Advokad Indonesia Kota Jayapura Resmi Dibuka oleh DPN PERADI yang

Rapat Anggota Cabang (RAC) DPC Perhimpunan Advokad Indonesia (PERADI) Kota Jayapura resmi dibuka oleh DPN PERADI/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Rapat Anggota Cabang (RAC) DPC Perhimpunan Advokad Indonesia (PERADI) Kota Jayapura resmi dibuka oleh DPN PERADI yang diwakili oleh Koordinator Wilayah PERADI Papua, Nurwahida Duwila. 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Batika, Entrop Kota Jayapura, Sabtu (16/7/2022) melibatkan 100 peserta yang merupakan Anggota DPC Peradi Kota Jayapura dan dihadiri Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey serta sejumlah perwakilan instansi dan lembaga hukum di wilayah Kota Jayapura. 

Ketua Panitia RAC Kota Jayapura, Matheus Mamun Sare menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendengar laporan Pengurus DPC PERADI Kota Jayapura tentang program kerja serta realisasi kegiatan sebagaimana amanat Muscap DPC Tahun 2017 lalu.  

"Jadi dalam forum ini kita akan dengarkan program apa yang sudah kerjakan, apa yang belum, kendala- kendala yang dialami dan mendengar tanggapan dan usul dari DPC dan atau Anggota, " kata Matheus. 

Kegiatan yang mengambil tema Membangkitkan semangat solidaritas antar anggota Peradi' ini merupakan RAC pertama sejak Muscap Tahun 2017 lalu. Dimana  RAC ini terselenggara setelah terjadi perpindahan tampuk kepemimpinan pasca pengunduran diri Ketua DPC Peradi terdahulu dan selanjutnya digantikan oleh Dr Petrus Paulus Pieter Ell SH., MH berdasarkan DPN Peradi Nomor KEP.093/PERADI/DPN/V/2022, tanggal 17
Mei 2022, tentang  Pelaksana Tugas DPC Peradi Kota Jayapura. 

Ditempat yang sama, Plt Ketua DPC Peradi Kota Jayapura, Pieter Ell mengatakan Advokat merupakan salah satu penegak hukum yang sejajar kedudukannya dengan penegak hukum lainnya seperti Polisi, Jaksa, Hakim dan Lembaga Pemasyarakatan. 

" Mungkin selama ini ada yang melihat Advokat dengan sebelah mata, namun disini saya sampaikan Advokat juga Penegak Hukum sebagaimana UU Nomor 18 Tahun 2003," kata Pieter. 

Ia menyebut Advokat dibawah payung organisasi Peradi secara nasional berjumlah 59 ribu anggota yang tersebar di Seluruh Indonesia. Dimana untuk organsiasi PERADI telah terbentuk di 173 DPC atau Kabupaten/Kota. 

"Khususnya DPC Kota Jayapura kami memiliki hampir 200 anggota anggota dan pada kesempatan baik ini jumlah anggota yang hadir mencapai 80 persen," kata pria yang telah berkiprah selama 25 tahun sebagai Advokat ini.  

Pemerintah Kota Jayapura Terbuka Untuk Bermitra dengan PERADI 

Sementara Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey mengapresiasi kegiatan RAC DPC Peradi Kota Jayapura dan menyatakan siap bermitra dengan DPC Peradi Kota Jayapura. 

"Pemerintah Kota Jayapura senantiasa terbuka untuk bermitra dan bekerjasama dengan PERADI, karena itu dapat memberikan masukan dan saran kepada kami. Pada prinsipnya kami siap dan tinggal bagaimana bentuk kerjsamanya," kata Walikota. 

Dikesempatan tersebut, Walikota Jayapura mengatakan PERADI tak hanya sebagai lembaga perkumpulan para advokat, namun juga sebagai wadah bagi para anggotanya untuk memiliki kapasitas, kapabilitas serta kualitas yang baik, sehingga mampu memberikan bantuan hukum bagi masyakarat dan paling utamanya untuk masyarakat kurang mampu. 

"Disini saya sampaikan terima kasih kepada Advokat Peradi, para pejuang keadilan yang telah membantu dan mendampingi rasa kemanusiaan kepada masyarakat kita yang kurang mampu. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih atas sumbangsi dan dedikasi para Advokat bagi masyarakat kita yang ada di Kota Jayapura," katanya

Frans berharap semangat para anggota Peradi yang hadir dalam kegiatan RAC ini dapat membangkitkan kekuatan, meningkatkan soliditas, solidaritas dan memberikan rasa keadilan para pencari keadilan di Kota Jayapura dan Tanah Papua khususnya. 

"Pemerintah Kota Jayapura juga berharap hasil RAC nantinya menghasilkan point-point penting termasuk hasil evaluasi yang baik untuk memperkuat semangat soliditas dan solidaritas sesama anggota Peradi," jelasnya. 

Kegiatan pembukaan RAC dilanjukan dengan sidang penyampaian laporan program kerja DPC Peradi Kota Jayapura periode 2017-2022. Kegiatan yang berlangsung sehari ini, juga dirangkaikan dengan pelantikan kepengurusan sayap organisasi Peradi yakni Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia (PBH Peradi) dan Young Lawyers Committee(YLC) Peradi. Dipenghujung kegiatan akan ada penarikan undian doorprize dengan hadiah  emas murni dari PT Pegadaian Indonesia. **