Bila Aman Tak Mungkin Warga Mengungsi, Polda Papua: Situasi Mamteng Aman dan Kondusif

Masyarakat yang tinggal disekitaran Kobakma Kabupaten Mamberamo Tengah memilih mengungsi ke Kabupaten Jayawijaya /Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Mamberamo Tengah relatif aman dan kondusif pasca aksi penyampaian aspirasi oleh masyarakat peduli RHP pada Sabtu (9/7/2022) kemarin.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan aksi demo dilakukan oleh masyarakat peduli RHP dihalaman Mapolres Mamberamo Tengah dalam rangka menuntut jawaban penyampaian aspirasi menyikapi keputusan KPK-RI atas Penetapan Ricky Ham Pagawak, SH. M.Si sebagai tersangka atas kasus Suap dan Gratifikasi.

“Penyampaian aspirasi dilakukan secara bergantian yang intinya menolak keputusan KPK RI atas penetapan RHP sebagai tersangka dalam kasus suap dan gratifikasi,” jelas Kabid Humas saat ditemui di media center Bid humas Polda Papua pada Minggu (10/07/2022).

Atas adanya seruan dari massa tersebut mengakibatkan masyarakat yang tinggal disekitaran Kobakma Kabupaten Mamberamo Tengah memilih untuk mengungsi ke Kabupaten Jayawijaya yang dianggap lebih aman.

“Sampai saat ini situasi di Kabupaten Mamberamo tengah aman dan kondusif untuk perdagangan pasar dan pertokoan  serta semua perkantoran sementara dalam keadaan tutup,”ungkap kabid humas.

Ditambahkan Kabid humas bahwa saat ini personil gabungan TNI-Polri terus meningkatkan patroli di wilayah Kota Kobakma.

“Personil gabungan terus meningkatkan patroli dan himbauan kepada masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Mamberamo tengah tetap aman dan kondusif serta tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Kabid Humas.

Sementara itu seorang ASN non Papua mengaku situasi disana tak nyaman. "Disana tak aman, kalau penduduk asli sana mungkin aman tapi kami tidak merasa aman, "ujarnya yang mengaku beberapa temannya baru sore ini tiba di Wamena. "Kalau tak aman dan kondusif tak mungkin warga mengungsi,"ujarnya.*