Cara Mudah Atasi Anak yang Susah Tidur Siang

Net

WARTAPLUS - Tidur siang bagi anak sama penting dengan tidur malam, yaitu berperan penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan emosional. Spesialis dari Spectrum Health Medical Group, Jason Coles, MD mengatakan, tidur siang adalah istirahat yang bagus untuk kesehatan balita dan mengembalikan energinya.

Anak yang tidak tidur siang atau terlalu sedikit tidur biasanya cenderung rewel akibat kelelahan. Tapi masalahnya sebagian anak agak susah diajak tidur siang. Tak sedikit di antara mereka, ketika orangtua atau pengasuhnya mengingatkan untuk tidur siang, malah bertingkah penuh drama.

Jika yang terjadi demikian, orangtua maupun pengasuh perlu mengakalinya dengan beberapa trik, agar anak bersedia tidur siang tanpa merasa terpaksa. Coba langkah-langkah berikut ini.

1. Bangun rutinitas
Buat jadwal tidur dengan waktu tertentu, kapan waktu bangun, dan waktu tidur siang. Anak-anak berkembang dengan konsistensi. Rutinitas akan membantu memicu jam tubuh alami balita Anda.

2. Makanan mengandung gula dan karbohidrat
Kandungan gula dan karbohidrat dapat membangkitkan kantuk pada anak. Tapi asupannya jangan berlebihan, alias harus seimbang, agar tidak menyebabkan obesitas.

3. Buat nyaman di tempat tidur
Siapkan tempat tidur anak menjadi senyaman mungkin. Misalnya, meletakkan boneka kesayangan, atau barang favorit lainnya.

4. Ciptakan suasana menyenangkan
Padamkan lampu, tutup jendela, dan matikan tivi. Bila perlu, mainkan musik tenang dan lembut untuk memberi efek relaksasi pada anak.

5. Cobalah gosok punggung anak bila ia merasa gelisah

Jika anak benar-benar tidak bisa tidur, istirahatkan setidaknya 30 menit dengan tenang di tempat tidur.

Sebagai pedoman Anda, bayi 0 - 6 bulan membutuhkan antara 16 dan 20 jam tidur total setiap hari, termasuk tidur siang.

Bayi berusia 6 bulan hingga 12 bulan harus tidur sekitar 11 jam di malam hari, ditambah dua tidur siang.

Batita membutuhkan 10 hingga 13 jam tidur, termasuk tidur siang.