Trik Ampuh Atasi Ngantuk yang Berlebihan di Bulan Puasa

Net

WARTAPLUS - Usaha untuk menahan haus dan lapar saat berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Tapi tak hanya itu, suasana puasa saat jam istirahat, seringkali membuat rasa kantuk tak tertahankan.

Rasa kantuk yang berlebih saat puasa, sering pula jadi halangan untuk melakukan beragam aktivitas. Namun tahukah Anda, kondisi itu ternyata dipengaruhi oleh pola makan dan pola tidur yang salah.

Spesialis gizi klinik, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK pun menyebut memang selama puasa waktu tidur berkurang, karena sahur. Meski begitu dia menyarankan agar masyarakat bisa mensiasatinya dengan tidur lebih cepat.

"Memang jam tidur menjadi berkurang, tapi bisa disiasati dengan tidur malam lebih cepat agar porsi tidur 6 hingga 7 jam terpenuhi," ungkap dia saat ditemui di The Hook Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, selama sahur bisa menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu berlebihan.

"Makan sahur secukupnya, jangan berlebihan terutama karbohidrat karena membuat kita menjadi lebih ngantuk," terang dia.

Dia pun menjelaskan bahwa karbohidrat itu sangat cepat mengolah glukosa. Saat glukosa diolah, darah lebih banyak mengalir ke pencernaan dibandingkan ke otak. Hal inilah yang menyebabkan seseorang yang mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak menjadi lebih cepat mengantuk.

Dia menyarankan saat sahur akan lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, hingga oatmeal. Tidak lupa juga untuk tetap melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, hingga aerobik ringan.

Dalam kesempatan yang sama pula dia pun menepis isu bahwa konsumsi kangkung saat sahur bisa menyebabkan mengantuk.

"Hingga kini belum ada penelitiannya soal itu," jelas dia. [net]