Puluhan Rumah di Sentani Terendam Banjir, Warga Dievakuasi

Tampak sejumlah warga terdampak banjir dievakuasi oleh tim SAR/Istimewa

KOTA JAYAPURA – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura pada Senin malam hingga Selasa dini hari.

Akibat hujan deras yang mengguyur, sejumlah titik terendam banjir dengan ketinggian air 30-70 centimeter. Titik terparah terdampak banjir yakni Perumahan Darsua Doyo, Pasar Phara Sentani, Kampung Kahiran, Mako Yonif 751 Rider dan ruas jalan Lanud Silas Papare Jayapura.

Bahkan kali ular yang berada di Kampung Bambar, Distrik Waibu meluap hingga ke jalan yang membuat sejumlah pengendara tak bisa melintas.

Akibat banjir yang melanda, sejumlah warga mengamankan diri ke rumah kerabat, sementara lainnya devakuasi menuju ke Mapolres Jayapura.
Warga yang dievakuasi adalah anak-anak dan wanita, sementara laki-laki masih bertahan di rumah untuk menjaga barang-barang dari ancaman pencurian.

“Ada sejumlah warga terdampak banjir terdiri dari anak-anak dan ibu sementara dievakuasi ke polres. Sementara yang laki-laki masih bertahan untuk menjaga rumahnya,” kata Kasi Humas Polres Jayapura,

Iptu Iwan ketika dikonfirmasi pada Selasa pagi. 
Selain Sentani, sejumlah titik di Kota Jayapura juga terendam banjir, diantaranya Pasar Youtefa, Otonom Kotaraja, Entrop, hingga Klofkamp di Distrik Jayapura Utara.*