Lepas Kopasgat, Pangdam Cenderawasih: Jangan Bawa Serta Hewan Tumbuhan Dilindungi!

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa memimpin upacara pelepasan Kopasgat TNI AU di Base Ops Lanud Silas Papare Sentani, Selasa (15/02)/dok:Pendam17

JAYAPURA, wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M memimpin upacara pelepasan Satgas Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU yang telah selesai melaksanakan tugas di Papua.

Upacara pelepasan berlangsung di Baseops Lanud Silas Papare, Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (15/02) pagi.

Dalam arahannya, mantan Danjen Kopassus ini mengingatkan tentang pentingnya menjaga keamanan personel dan materil saat kembali dari tugas, serta menghindari hal-hal yang merusak citra TNI dan diri sendiri.

"Inventarisir alat perlengkapan serta tidak membawa hewan ataupun tumbuhan yang dilindungi," tegas Pangdam yang juga selaku Dankogarfung (Komandan Komando Garnisun Fungsional) wilayah Papua.

Di kesempatan itu, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Satuan Kopasgat TNI AU atas segala Dharma Bakti yang telah diberikan kepada Bangsa dan Negara.

"Penugasan yang telah dilaksanakan ini merupakan kebanggaan bagi Prajurit, karena tidak semua Prajurit mendapatkan kesempatan. Oleh karenanya patut bersyukur dan bangga atas penugasan yang telah dilaksanakan dengan baik," katanya.

Pangdam Teguh berharap keberhasilan dan pengalaman yang dicapai prajurit dari satuan elit TNI AU selama bertugas di wilayah bumi cenderawasih, tidak membuat cepat berpuas diri.

"Namun dijadikan pemacu semangat dan motivasi serta menambah wawasan dalam menghadapi tugas lainnya di masa mendatang," kata Pangdam.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Aqsha Erlangga menuturkan, Satgas Kopasgat TNI AU merupakan Satuan BKO Pangdam XVII/Cenderawasih.

"Setelah ini mereka akan kembali ke home base atau satuan induknya Batalyon 463 Pasgat Madiun,"tutur Kapendam.

Ia menyebut, kegiatan upacara pelepasan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19. Hadir adalam upacara Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Budi Achmadi, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, Asisten Operasi Kasdam XVII/Cenderawasih dan Kapolres Kabupaten Jayapura.

Untuk diketahui, 230 personel Satgas Kopasgat yang telah selesai melaksanakan tugas akan kembali ke kesatuannya Batalyon Komando 463 Pasgat Madiun. Selanjutnya digantikan Satgas baru dari kesatuan Batalyon Komando 469 Pasgat Medan yang dipimpin Letkol Pas Ronni Cahyo Setiawan, sebagai Komandan Satgas Lanud Pamtas Kopasgat.**