Lanud Silas Papare Gelar Vaksinasi Booster Bagi Prajurit

Tampak sejumlah prajurit TNI Lanud Silas Papare Jayapura menerima vaksin dosis ketiga atau booster di Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Silas Papare/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Pangkalan TNI AU Silas Papare Jayapura menggelar menggelar vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster bagi prajurit TNI AU, ASN dan keluarga di Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Silas Papare.

Untuk penyuntikan vaksinasi covid-19 dosisi ketiga ini, Lanud Silas Papare menggunakan vaksin astrazaneca dan digelar selama lima hari terhitung dari tanggal 7-11 Fabruari 2022.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Budhi Achmadi menjelaskan, vaksinasi bagi seluruh prajurit Lanud Silas Papare sangat penting untuk meningkatkan herd immunity serta membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Jayapura, Papua.

“ Vaksin booster ini kita laksanakan karena kita tau bahwa saat ini penyebaran omicron cukup masif. Harapannya apabila ada prajurit, ASN atau keluarga prajurit yang terkena virus ini dampaknya tidak parah atau tidak terjadi hal-hal yang fatal,” kata Danlanud ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (09/02/2022) siang.

Danlanud menyebut, hingga hari ketiga vaksinasi dosis ketiga ini, sedikitnya 190 prajurit sudah menerima vaksin booster.

“Jumlah prajurit yang vaksin booster di Lanud Slas Papare Jayapura sudah mencapai 190 orang. Begitu juga dengan ASN dan keluarga prajurit. Hingga hari ini kurang lebih tujuh puluh persen prajurit, ASN dan keluarga prajurit yang sudah divaksin booster,” akunya.
Ia berharap, dengan pemberian vaksinasi covid-19 dosis ketiga bagi prajurit ini akan memberikan contoh bagi masyarakat untuk segera melaksanakan vaksin booster. 

“Harapan kita semoga menjadi teladan bagi masyarakat untuk mau divaksin dosis ketiga karena varian omicron ini sudah masuk di Papua. Varian ini walapun dampaknya tidak sedahsyat varian sebelumnya, namun booster ini akan membantu mencegah dampak yang fatal terhadap pasien,” terangnya.

Meski sudah menggelar vaksinasi dosis ketiga, Danlanud tetap berpesan kepada seluruh prajurit untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar tidak terpapar covid-19 varian omicron.