Peringati Hut Provinsi Papua ke-72, Ini Pesan Gubernur untuk Generasi Muda

Gubernur Papua, Lukas Enembe/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com - Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Papua ke-72 yang jatuh pada 27 Desember, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan sejumlah pesan terutama bagi para generasi muda Papua.

Melalui Juru Bicaranya, M.Rifai Darus, Gubernur menyebutkan 6 poin penting.

Pertama, Gubernur Papua Lukas Enembe mengucapkan rasa syukur atas sejumlah raihan dan capaian yang dihasilkan oleh Pemprov Papua bersama-sama dengan seluruh masyarakat pada tahun 2021 ini.

"Beliau berkata bahwa Papua mampu membuktikan kepada Bangsa Indonesia dalam suksesnya menyelenggarakan PON XX dan Peparnas XVI 2021," ucap Rifai dalam siaran persnya, Senin (27/12).

Kedua, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan bahwa usia ke-72 adalah angka yang sudah sepatutnya menjadikan Papua sebagai daerah yang siap menyambut perubahan, terbuka akan inovasi dan dewasa dalam bersinergi.

Ketiga, Gubernur Lukas menyambut baik atas banyaknya masukan dari sejumlah elemen, hal itu menunjukan bahwa kepedulian dalam membangun Papua masih dalam koridor yang terang. 

"Namun demikian, Gubernur juga berpesan agar setiap orang yang memiliki niat membangun Papua janganlah membawa misi buruk atas nama kepentingan politik pragmatis yang hanya meracaukan harmoni yang sudah terbangun di Papua," kata Rifai.

Keempat, Gubernur Lukas juga mengajak seluruh anak-anak muda di Papua untuk dapat berkontribusi aktif dalam berbagai bidang. Banyak aspek yang harus dimajukan dan dikembangkan, terutama menyoal bidang teknologi dan inovasi. "Gubernur ingin agar setiap anak-anak muda Papua mampu kokoh dan persisten dalam menghadapi tantangan, memenangkan persaingan demi meraih masa depan," tukasnya.

Kelima, Gubernur Lukas merasakan dampak dari perubahan sejumlah peraturan perundang-undangan yang mempersempit ruang gerak Pemprov Papua serta membatasinya. Namun demikian, ia mengajak seluruh elemen yang ada di Papua untuk memanfaatkan sebaik-baiknya anggaran yang tersedia guna mengakselerasi kemajuan dan pertumbuhan SDM di Papua. 

"Gubernur Lukas mengatakan bahwa, jika ada limitisasi, kita harus mampu berinovasi, apabila tidak, kita akan terpuruk mundur lagi dan hanya menjadi daerah yang terus-terusan bertopang pada simpati,” beber Rifai.

Keenam, bahwa Hari Ulang Tahun Provinsi Papua ke-72 masih memiliki warna yang sama dengan misi Pemprov Papua kepemimpinan Lukas Enembe yakni untuk membawa Papua Bangkit. 

"Gubernur berharap agar generasi yang akan datang senantiasa menengok era kita, dan mensyukuri peran yang kita jalani hari ini. Bangkitlah Papua!" pungkas Rifai.**