Kapolda Papua:

Kesuksesan Penyelenggaraan PON Dimasa Pandemi Mencerminkan Kuatnya Persatuan dan Kesatuan

Acara Penyerahan Sertifikat kepada Penyelenggara Layanan Bidang Transportasi PON XX Papua tahun 2021, Jumat (17/12/2021) di Ruang Rapat Rektorat Universitas Cenderawasih Jalan Kam Wolker Perumnas III Kelurahan Yabansai Distrik Heram Kota Jayapura Provinsi Papua/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com -  Acara Penyerahan Sertifikat kepada Penyelenggara Layanan Bidang Transportasi PON XX Papua tahun 2021, Jumat (17/12/2021) di Ruang Rapat Rektorat Universitas Cenderawasih Jalan Kam Wolker Perumnas III Kelurahan Yabansai Distrik Heram Kota Jayapura Provinsi Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., Dirlantas Polda Papua Kombes Pol Muhammad Nasihin, S.H., Rektor Universitas Cenderawasih Papua Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., Ketua MTI Wilayah Papua, Dr. Petrus Bahtiar, ST., MT., ATM., Kadishub Provinsi Papua David Telenggen, S.IP., MKP. serta Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja Provinsi Papua Yoga Mambrasar.

Rektor Universitas Cenderawasih Papua mengatakan tidak ada kontingen atau atlet yang menyampaikan kalah pertandingan karena terlambat dalam transportasi. 

"Semua atlet merasa bahwa layanan transportasi PON XX Papua sangat memuaskan. Oleh karena itu, pemberian penghargaan oleh MTI Wilayah Papua sangat sesuai dengan fakta,"ujarnya

"Mari kita syukuri layanan-layanan yang telah kita berikan bisa diterima dengan baik dan bisa berguna bagi semua orang,"lanjutnya.

Dikesempatan yang sama Kapolda Papua menyampaikan kita telah menjadi saksi sekaligus pelaku perhelatan pesta olahraga terbesar nasional. Pekan Olahraga Nasional ke XX di Papua baru saja berakhir, namun vibrasinya masih terasa hingga kini. 

"Inilah untuk pertama kalinya Papua menghelat upacara yang meriah, kolosal, megah, mengharukan sekaligus membanggakan pada pembukaan PON XX di stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Bumi Cenderawasih yang kerap mendapatkan cap minor dan stigma negatif, sanggup mempersembahkan energi positif ke sekujur negeri. Tekad “Torang Bisa” tidak sekedar slogan kosong. ia menjelma menjadi persembahan yang membetot decak kagum dan air mata haru,"ujarnya.

Dikatakan, kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dimasa pandemi, mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk. persatuan dan kesatuan itu tercermin dari kerjasama yang baik antar lintas instansi, dari tingkat pusat hingga daerah. 

"Termasuk keberhasilan penyelenggaraan PON dalam bidang lalu lintas. Semua ini berkat langkah konkret yang telah diambil oleh masing-masing instansi yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Dan pada hari ini, kerja keras itu diberikan apresiasi oleh organisasi profesi yang telah berpengalaman sejak berdirinya ditahun 1995, yaitu MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia),"ujarnya.

Dengan adanya acara penyerahan sertifikat kepada penyelenggara layanan Transportasi PON  XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021, diharapkan dapat membangun budaya tertib lalu lintas khususnya di kalangan generasi millenial, mewujudkan program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan serta peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas. 

Dalam acara yang di selenggarakan oleh pengurus masyarakat transportasi indonesia (MTI) wilayah Papua ini perlu lebih di tekankan kepada generasi millenial sebagai agen pembawa perubahan karena tentunya akan sangat mempengaruhi iklim politik dan ekonomi indonesia pada kurun waktu lima hingga sepuluh tahun ke depan.
 
Polda Papua khususnya Direktorat Lalulintas sudah memiliki program menuju transportasi modern sesuai petunjuk dari Korlantas Polri tentang pemasangan kamera ETLE yang terpasang di jembatan penyeberangan umum depan mall Jayapura. selain itu, Direktorat Lalulintas Polda Papua sudah memiliki ERI (Electronic Registrasi dan Identifikasi), IRSMS (Integrated Road Safety Management System) serta program Dipugar (Digital Pemburu Pelanggaran). semua inovasi itu merupakan bentuk adaptasi kita terhadap perubahan dinamika dalam perkembangan dunia digital. 

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rektor universitas cendrawasih, ketua MTI wilayah Papua, Kadishub provinsi Papua, para panitia MTI wilayah Papua dan masyarakat, para tokoh yang telah memberikan kepercayaan dan apresiasi kepada kami untuk menerima penghargaan dalam acara penyerahan sertifikat atas penyelenggara layanan transportasi PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021. *