Pembuktian Anak-Anak Papua

5 Atlet Cenderawasih Speed Skating Sabet Emas di Ajang Jakarta Open 2021 

Ketua Pengprov Persatuan Sepatu Roda Indonesia (Perserosi) Papua Jefri Abel bersama para atlet Cenderawasih Speed Skating yang berhasil meraih medali emas, dalam ajang Jakarta Open 2021/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - 5 atlet Cenderawasih Speed Skating berhasil meraih medali emas, dalam ajang Jakarta Open 2021. 

Ketua Pengprov Persatuan Sepatu Roda Indonesia (Perserosi) Papua Jefri Abel, menyatakan apresiasinya terhadap capaian atlet Cenderawasih Speed Skating. 

"Iya tentu dengan hasil yang dicapai, yakni 5 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu ini perlu diapresiasi dengan baik, sebagai wujud pengembangan talenta muda Papua," katanya. 

Dijelaskan Jefri, memaknai kemenangan di Jakarta Open 2021 sebagai pemberian ruang permainan se-Indonesia yang selama ini sudah tidak bermain, dapat bertanding dalam sebuah event. 

Foto: Ketua Pengprov Persatuan Sepatu Roda Indonesia (Perserosi) Papua Jefri Abel/Istimewa

"Selama 2 tahun pandemi ini sangat menganggu, dan banyak event terhenti, sehingga Jakarta Open ini momennya," sebut Jefri. 

Jefri juga menyebutkan jumlah atlet yang hadir sebanyak 728 atlet se-Indonesia, dan sangat membanggakan atlet Cenderawasih Speed Skating dapat meraih prestasi yang gemilang. 

"Ini momentum yang baik, untuk mengukur seberapa jauh tim Cenderawasih Speed Skating, dapat berprestasi, pola pembibitan, dan pengembangan pemain usia dini, terutama untuk memberikan ruang bagi atlet-atlet asal Papua," jelas Jefri. 

Pihaknya juga mengapresiasi atas 2 atlet asli Papua yang meraih medali, dan dapat memberikan penampilan terbaiknya. 

"Ada dua atlet asli Papua yang perlu dibina baik, yakni peraih medali perunggu Fernando Wanggai dan Gitit Chelsea Watori," tegasnya. 

Sekadar diketahui, dalam gelaran Jakarta Open 2021, Tim Cenderewasih Speed Skating berhasil mempersembahkan 5 medali emas, 3 perak, dan 5 Perunggu. 

Untuk raihan 5 medali emas, dipersembahkan oleh Raehan Julio Putro di nomor Sprint 200 meter Dobbin Putra, Elimination 5.000 meter putra, dan Sprint 500 meter putra. 

Sementara 2 emas sisanya, disumbangkan Kenneth D Abel dan Isabella Ivans Abel. 

Sementara 3 perak, rinciannya 1 perak diraih oleh Raehan Julio Putra dan Dave Emmanuel Abel Yudis untuk nomor beregu putra relay 1000 meter. 

Kemudian 1 perak lagi disumbangkan Nadila Putri Ramadany dan 1 perak lainnya diraih oleh Steve Khanzama Abel. 

Lalu, 5 perunggu yang dieproleh, masing-masing dipersembahkan oleh Dave Emmanuel Abel, Fernando Wanggai, Gitit Chelsea Watori, dan Isabella Ivana Abel.  Dengan demikian, total medali yang diraih Cenderawasih Speed Skating (CSS) Jayapura, sebanyak 13 medali.*