Wakapolda Pimpin Upacara Pendidikan dan Latihan Dikmaba Diktuba

Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri T.A 2021/2021

JAYAPURA,wartaplus.com - Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri T.A 2021 yang di pimpin langsung oleh Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.S, Senin (13/12/2021)  di Lapangn Hitam SPN Polda Papua.

Hadir juha dalam upacara tersebut Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, PJU Polda Papua serta PJU Kodam XVII/Cenderawasih.

Dalam amanatnya Wakapolda Papua mengatakan, upacara ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan Diklat Integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari di seluruh Satdik Polri dan di 14 lembaga pendidikan TNI AD.

"Kegiatan diklat Integrasi TNI-Polri ini merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD dan Polri nomor: pks/29/2021 dan nomor: pks/39/ix/2021 tanggal 15 september 2021 tentang penyelenggaraan kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan/pendidikan pertama, pendidikan pengembangan/pendidikan pembentukan perwira dan pendidikan pengembangan umum,"ujarnya.

Dikatakan, pelatihan sinergitas yang dilaksanakan ini akan menitikberatkan pada keterampilan perorangan dalam berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan, kerjasama tim, dan kepemimpinan yang memiliki jiwa samapta.

Untuk mendapatkan keterampilan perorangan perlu dilaksanakan pelatihan sinergitas sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan terbangunnya rasa kebersamaan dan esprit de corps antara peserta didik dikmaba TNI-AD dan diktuk Bintara Polri yang meliputi penanaman dan sikap tata nilai jiwa sinergitas, pengetahuan pendukung dan implementasi nilai-nilai sinergitas.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu menguatkan sinergitas antara TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional. Pelaksanaan kegiatan latihan kolaborasi antara peserta didik Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri yang sedang berlangsung di Satdik Polri dan Rindam TNI AD diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik Dikmaba TNI AD maupun peserta didik Diktukba Polri sehingga terjalin silaturahmi dan sinergitas antara TNI AD dan Polri.

Kata Walapolda, Kegiatan kolaborasi ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan sinergitas melalui kegiatan-kegiatan yang membangun rasa kebersamaan, kekompakan dan kesetiakawanan. gunakan kesempatan ini sebagai momen untuk membina hubungan ke depan pada saat melaksanakan tugas di satuan wilayah masing-masing.

"Kepada para tenaga pendidik dan pengasuh saya titipkan para peserta didik untuk mengikuti kegiatan kolaborasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri. laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan serta jadilah role model yang baik bagi para peserta didik karena di tangan saudaralah sikap dan mental peserta didik terbentuk,"tandasnya.

Setelah mendengarkan amanat dari Wakapolda Papua kemudian pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Latihan Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri T.A 2021 dibuka yang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Wakapolda Papua.

Pada kesempatannya Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikankhusus untuk siswa TNI AD kalau mau lulus ikuti kata saya yang mana siswa semua harus tahu apa tujuan dilaksanakan Pendidikan Pelatihan gabungan TNI-Polri ini yaitu untuk mencari kawan dan meningkatkan sinergitas TNI-Polri kedepan.

"Perlu saya sampaikan, bahwa kita semua yang ada disini bisa bersama-sama membangun negara tercinta ini karena semangat kebersamaan yang kuat dengan solidaritas yang tinggi. Pesan saya kepada Siswa TNI AD agar menunjukkan loyalitas, agar kita  dapat melaksanakan pelatihan ini dengan tekun dan jangan bikin malu TNI,"ujarnya.

Program ini sangat baik untuk kesuksesan pelaksanan tugas TNI- Polri dilapangan kedepan oleh karena itu saya berpesan kepada siswa-siswa agar selalu semangat dan lakukan terbaik.*