Walikota Jayapura Terima Penyerahan Api Peparnas XVI Papua 2021

Penerimaan dan persemayaman Api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 diterima langsung oleh Walikota Jayapura selaku Penasehat Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Rabu (3/11/2021) di Lapangan Apel Kantor Walikota Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com  – Penerimaan dan persemayaman Api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 diterima langsung oleh Walikota Jayapura selaku Penasehat Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Rabu (3/11/2021) di Lapangan Apel Kantor Walikota Jayapura.

Turut hadir dalam kegiatan yakni Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, S.H, M.H, Wakil Walikota Jayapura Ir H. Rustan Saru, MM, Wakil Ketua II PB Peparnas XVI Papua 2021 Hans Hamadi, Sekretaris Daerah Kota Jayapura Dr. Frans Pikey, M.Si, Kepala Dinas kesehatan Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Sri Antari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jayapura Nofdi J. Rampi, S.Sos, MM, Kabag Ops Polresta Jayapura Kota AKP Langgeng Widodo, Danramil 1701-9/Jayapura Kapten Inf. Anton Sudrajat dan para pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura.

Kirab Api Peparnas tiba di lapangan apel Kantor Walikota pada pukul 13.00 WIT dan disambut dengan tarian sanggar kayu batu reymonde. Yang mana sebelumnya diarak dari Kabupaten Jayapura oleh Enjelina Oagai, serta diikuti pasukan Kirab Api Peparnas.

Dalam kesempatannya Walikota Jayapura mengucapkan terima kasih kepasa Tuhan atas semua karuniamu sampai pada saat ini dan telah sampai pada event Peparnas XVI Papua serta tuhan masih memberikan kita semua kesehatan sekaligus kekuatan dalam acara Kirab Api Peparnas XVI Papua.

“Saya ucapkan selamat datang kepada bapak, ibu dan saudara-saudari para atlet pembawa api Peparnas XVI Papua di Kota Jayapura yang merupakan Ibu Kota Provinsi Papua. Selaku Walikota Jayapura tentunya saya sangat bangga menyambut kedatangan api Peparnas XVI Papua tahun 2021 karena ini adalah sejarah bagi Papua khususnya Kota Jayapura sebagai zona di Peparnas XVI Papua 2021 yang terdiri dari 6 cabang olahraga,”ujarnya.

Dikatakan, saat ini telah berdatangan atlet-atlet terbaik Indonesia dari seluruh Provinsi di Indonesia dan setiap atlet siap berkompetisi, siap menjadi juara diajang Peparnas XVI Papua 2021 sebagai ajang olahraga. Peparnas adalah momentum untuk menggalakkan kompetisi olahraga.

Ditegaskannya, disabilitas bukanlah hambatan yang akan menghalangi apapun, karena itu ajang olahraga Peparnas ini menjadi bukti bahwa disabilitas bukanlah halangan untuk menembus prestasi-prestasi di bidang keolahragaan, bahkan dibidang apapun dan sudah seharusnya kita bergerak untuk menghasilkan banyak bibit olahragawan nasional.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang membawa api Peparnas XVI Papua ini. Harapan saya kepada semua atlit untuk tetap semangat, kobarkan api Peparnas untuk Kota Jayapura, kobarkan api Peparnas untuk Papua, untuk Indonesia juara,”tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua II PB Peparnas XVI Papua 2021 Hans Hamadi turut menyampaikan, Kirab Api Peparnas XVI Papua adalah kekuatan dalam keberagaman sehingga kita bisa mewujudkan Peparnas XVI Papua yang sukses.

Api ini adalah kekuatan api dari cahaya hati sehingga api ini besok akan dikirimkan ke gedung negara dan terus untuk dipakai sebagai suatu informasi untuk kita semua bahwa opening akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2021.

Lanjutnya, untuk semua orang dapat menonton, Kemenkominfo telah menyampaikan bahwa seluruh televisi swasta akan menyiarkan secara langsung jalannya upacara terbatas yang dari awal kapasitasnya dari 18.000 penonton atau 25% hanya akan digunakan sebanyak 4.500 penonton yang dibatasi.

“Oleh karena itu, masyarakat yang ingin menonton untuk menjadi saksi sejarah dapat melihatnya di televisi atau di live streaming yang akan disampaikan kepada seluruh masyarakat. Sekali lagi saya menyampaikan ucapan terimakasih banyak yang sebesar-besarnya kepada bapak Walikota dan seluruh kepala SKPD yang mana telah dengan suka cita menerima Kirab Api untuk Peparnas XVI Papua,”tandasnya.*