Kontingen Atlet Peparnas XVI Mulai Berdatangan di Bandara Sentani Jayapura

Kontingen Peparnas dari berbagai daerah di Indonesia telah tiba di bandara Theys Eluay Sentani Jayapura, Selasa (02/11) pagi/dok.Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Kontingen atlet Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 dari berbagai daerah di Indonesia mulai berdatangan di Bandara Theys Eluay Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua sejak Selasa (02/11) pagi.

Ketua II PB Peparnas Papua, Hans Hamadi menyebut pihaknya telah siap melakukan penjemputan kontingen di bandara.

Rombongan juara bertahan Peparnas 2016, Jawa Barat dengan kekuatan 306 atlet dan ofisial telah mendarat lebih dulu.

Mengutip data PB Peparnas XVI 2021, kontingen Jawa Barat tercatat sebagai rombongan terbesar. Laskar Bumi Pasundan menumpang dua armada milik maskapai Garuda Indonesia pada Selasa pagi, kemudian disusul kedatangan kontingen Kalimantan Selatan sebanyak 206 orang, Riau 175 orang dan kontingen DIY Yogjakarta 139 orang.

Kontingen lain yang akan tiba dan siap menyemarakkan Peparnas Papua adalah Aceh sebanyak 15 orang, Jambi 65 orang, Banten 37 orang, Bengkulu 11 orang, Kalimantan Barat 82 orang, Kalimantan Tengah 64 orang, Lampung 8 orang dan Sulawesi Utara sebanyak 64 orang.

Dalam siaran persnya, terhitung mulai hari ini, PB Peparnas juga akan mengoperasikan Posko Kesehatan di Istora Papua Bangkit, Kawasan Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Posko yang dikelola Dinas Kesehatan Provinsi Papua tersebut akan menjalankan fungsi 

pengawasan medis bagi seluruh peserta Peparnas Papua. Termasuk melakukan proses tes cepat (rapid test) sebelum para atlet menjalankan pertandingan. 

Public Management Officer Panitia Besar Peparnas Papua, Ari Budi Wibowo, Senin (1/11/2021) malam mengatakan, ini merupakan layanan wajib yang harus dilalui para atlet 

sebelum mereka menjalani pertandingan. Fasilitas Posko Kesehatan dilengkapi mobil 

ambulans, dan tim medis yang terdiri dari sejumlah perawat dan dokter umum.

Peparnas XVI di Papua akan diikuti 1.935 atlet dari 34 provinsi. Mereka bertanding pada 12 

cabang olahraga di 13 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Peparnas 2021 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, 5 November 2021.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan menutup seluruh rangkaian Peparnas 2021 pada 13 

Oktober 2021 di tempat yang sama dengan acara pembukaan. Peparnas Papua bertema "Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi". Torang Bisa! **