Presiden : Yakinlah Kemajuan Papua Akan Berjalan Cepat

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo saat memberikan kata sambutan/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Opening Ceremony PON XX dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021). Hadir dalam kegiatan Menteri Investasi Indonesia/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, S.E., Menteri PUPR RI Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Menteri Pertahanana RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos., Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

 Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam dalam sambutannya mengatakan, rasa saya dan rasa saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di Tanah Papua, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini.

"Perhelatan PON XX Papua yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua merupakan bentuk kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan insfratuktur di Tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berpartisipasi di kancah nasional dan internasional,"ujarnya.

PON ini mempunyai makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, PON ini panggung terbesar kedua, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama masyarakat.

"Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua, bahkan bandara dan pelabuhan, jalan lintas Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua, selain diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga formal,"ujarnya

"Marilah kita rayakan Pekan Olaharga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 dengan penuh suka cita dan junjung tinggi sportifitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan serta persatuan dan kesatuan bangsa, yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX Papua Tahun 2021,"ujarnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam kesempatnnya mengatakan, pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua menuju infrastruktur yang baik di Tanah Papua dan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan Internasional.

"Marilah kita rayakan PON XX di Tanah Papua dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan dan kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan kemajuan Papua,"ujarnya.*