Berikan 15 Milyar, PT Freeport Indonesia Jadi Sponsor Utama PON XX

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia, Tony Wenas mengatakan, pihaknya telah dan akan terus mendukung perkembangan dunia olahraga di Tanah Papua. Sehingga, pihaknya akan selalu terdepan dalam menunjukan komitmennya tersebut.

Diungkapkan juga PT Freeport Indonesia juga sebagai sponsor utama pelaksanaan  PON XX di Bumi Papua.  "Jumlahnya 15 Milyar,"ujarnya, Sabtu (2/9/2021).

Sebelumnya di areal Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (1/10/2021), Tony Wenas mengungkapkan PT Freeporth telah berada di Papua selama 54 tahun dan merupakan bagian dari Papua itu sendiri. Sehingga, komitmen membangun Papua sudah dan akan terus dilakukan.

“Khususnya dalam PON XX ini, pertama kami bangun satu stadion atletik bertaraf internasional yang terletak di Mimika. Itu selsai sekitar 3-4 tahun lalu sudah selesai serta siap diserahterimakan dan digunakan. Selain itu, lomba marathon juga akan dilakukan di kota Kuala Kencana yang kami bangun sebagai tempat tinggal karyawan kami. Disana (Kuala Kencana-red) sangat bernuasna  lingkungan dengan pohon dan hutan yang masih asri,” papar Tony Wenas.

Selain membangun sejumlah sarana tersebut, PT Freeport Indonesia, lanjut Tony Wenas, juga menjadi sponsor utama di PON XX Papua. PT Freeport Indonesia terus bekerjasamaa dengan Pemerintah Kabupaten Mimika agar sebelum PON XX dimulai, sudah dilakukan pembinaan atlet Papua disana.

“Kerjasama terus dibangun dengan Pemkab Mimika dan Provinsi Papua. Kalau kita total kurang lebih ada setengah triliun dana kontribusikan untuk suksesnya PON XX,” tuturnya.

Disinggung kemungkinan melirik atlet berprestasi menjadi karyawan di PT Freeport Indonesia, Tony Wenas berujar hal itu tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.
Hanya saja, Tony menyebut intinya intinya adalah bagaimana PT Freeport Indonesia bisa membina atlet-atlet Papua terlebih dahulu.