Lepas Personel Pengamanan PON XX Papua, Kapolresta Ajak Anggota Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com  – Apel pengecekan personel Gabungan dalam rangka pengamanan PON XX Papua di Kota Jayapura yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd, Rabu (22/9/2021) di Lapangan Apel Mapolresta Jayapura Kota.

Hadir dalam kegiatan Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si, didampingi PJU Polresta Jayapura Kota dan personel BKO Polda Papua, personel Polresta Jayapura Kota serta personel Polsek Jajaran yang berjumlah 300 orang.

Rangkaian apel diawali dengan pengecekan personel oleh Kabag Ops Polresta Jayapura Kota dengan melakukan absen melalui surat perintah Kapolresta Jayapura Kota yang telah dikeluarkan untuk pengamanan PON XX Papua di Klaster Kota Jayapura.

Dalam arahannya Kapolresta Jayapura Kota mengatakan, konsolidasi yang dilakukan tersebut untuk pelaksanaan tugas, dimana yang pertama pengamanan pertandingan di stadion Mandala dan GOR Cenderawasih.

"Kita sudah tidak akan kumpul lagi sampai PON XX Papua berakhir, jadi rekan-rekan ini akan dibagikan haknya untuk yang akan bertugas, nanti hak kedua akan di salurkan lagi, yang jelas mulai besok teman-teman sudah tergabung dibawah kepala pengamanan wilayah masing-masing. Petunjuk saya setiap pertandingan yang sudah jadwalnya main berarti kita melaksanakan tugas, yang belum saatnya bertugas mungkin bisa saling membantu apabila ada kejadian menonjol,"ujarnya.

Dikatakan, apabila jumlah personel sudah cukup itu tidak perlu, ini sesuai petunjuk dari kepala pengamanan objek, pertandingan yang sudah selesai wajib membantu yang belum selesai, karena bebannya sudah lewat sesudah selesai pertandingan.

"Berarti personel kembali ke Polsek atau dibawah perintah kepala pengamanan wilayah, apakah nanti akan membantu patroli mobile atau membantu venue-venue yang belum tuntas. Kita tetap kompak meringankan tugas satu sama lain selama operasi sampai selesai tanggal 15 Oktober 2021 semuanya harus sesuai aturan yang ditetapkan,"tandasnya.

Untuk pengaman venue sudah jelas semuanya, terus dipertahankan semangatnya sampai pengamanan selesai. Pesan Bapak Kapolri untuk kita, bahwa tugas selama massa PON XX Papua dan tentang penanggulangan Kamtibmas tolong disampaikan kepada anggota bahwa dilaksanakan dengan mengedepankan humanisme dalam memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. 

"Bersama kita sukseskan pelaksanaan PON XX Papua di Kota Jayapura dengan aman, lancar dan tertib tanpa terjadinya gangguan Kamtibmas yang berarti agar masyarakat dapat menyaksikan atau merasakan semaraknya dengan nyaman dan kita sebagai tuan rumah harus wujudkan kenyamanan serta ketertiban masyarakat yang terus kondusif,"tukasnya.*