Rangkaian Teror KKB, Polres Yahukimo Jamin Keamanan Masyarakat

Aparat kepolisian saat  melakukan pertemuan dengan masyarakat di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo/Istimewa

JAYAPURA ,wartaplus.com – Guna menjamin keamanan pascaaksi KKB, Kepolisian Resor Yahukimo memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.
Hal itu Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana saat bertemu pelaku usaha di DIstrik Yahukimo, Jumat (20/8/2021) pagi.

Deni mengatakan Kabupaten Yahukimo masih dalam keadaan kondusif, sehingga ia meminta warga untuk beraktivitas seperti biasanya. Saat ini bersiap-siap untuk melakukan patroli siang dan malam.

“Kegiatan Preventif Kepolisian akan meningkatkan pagi dan malam,” bebernya. Meski aktivitas kembali normal nantinya, Deni meminta agar masyarakat tetap mematuhi pemberlakukan batas yang ditentukan pemerintah daerah.

“Sesuai dengan surat edaran Bupati Kabupaten Yahukimo tentang penanganan Covid-19 batas aktivitas sampai jam 20.00 WIT, maka kita harus patuh terhadap hal itu,” ucapnya.

temukan kembali mengaskan keberadaan aparat penegak hukum tidak lain untuk memberikan rasa aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.
“Kami ada 1x24 untuk menjaga situasi kamtibmas,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya KKB dilupakan Tendius Gwijang pimpinange melakukan aksi pembakaran hingga kontak senjata membuat situasi di Kabupaten Yahukimo, Papua. 

Dalam dua hari, KKB telah meneror dan membakar tiga rumah warga di Distrik Dekai dalam dua hari.
Aksi pertama dilakukan pada Senin (16/8/2021) sore yang menyebabkan kebakaran satu unit rumah.
keesokan harinya, KKB kembali membakar dua unit rumah.

Selain pembakaran, KKB juga meminta uang kepada warga yang berada di ujung bandara sambil melepaskan tembakan. 

Kemudian terjadi kontak senjata kontak senjata antara KKB dengan aparat TNI-Polri di Kota Dekai.
karena situasi Yahukimo yang terus memanas, Satgas Gakum Nemangkawi, memastikan akan ada pengiriman pasukan ke lokasi tersebut.

Sementara itu Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miran mengatakan  Pascarentetan peristiwa kejadian dan penembakan, situasi di Dekai Yahukimo kondusif. “Perekonomian dan pelayanan pemerintahan sudah berjalan,” ucapnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (19/8/2021) ucapnya.

Terkait dengan rentetan acara itu, kata Esau pemerintah akan mengadakan pertemuan dengan para tokoh yang ada di Yahukimo. “Melihat kejadian ini, kami dari Pemerintah mengambil inisiatif untuk melakukan rapat sektoral untuk mencari solusi,” bebernya.*