Gubernur Papua Pimpin Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Gedung Negara

Gubernur Papua Lukas Enembe pimpin upacara detik detik proklamasi kemerdekaan berlangsung di Gedung Negara dok V Jayapura/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com - Gubernur Papua Lukas Enembe memimpin upacara detik detik proklamasi kemerdekaan di Hut ke-76 RI yang berlangsung di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa (17/08) pagi

Berbeda dengan upacara di tahun tahun sebelumnya yang biasa digelar di Stadion Mandala Jayapura, sejak pendemi Covid 2019 lalu yang melanda dunia termasuk di Papua, pelaksanaan upacara dilakukan terbatas. 

Pada 2019 lalu, upacara digelar di halaman kantor Gubernur Papua, dan tahun ini di Gedung Negara Dok V Jayapura berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat

Upacara tahun, bertindak sebagai Komandan Upacara, AKBP. Victor Dean Mackbon yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Reskrimsus Polda Papua. 

Sedangkan perwira upacara AKBP. Ingnatius Benny Ady Prabowo dan petugas Paskribaka merupakan putra putri terbaik dari Provinsi Papua.

"Kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat sakral. Untuk itu, setiap generasi muda wajib memaknai momen ini," kata Gubernur Lukas Enembe melalui juru bicaranya, Muhammad Rifai Darus. 

Menurut Gubernur, upacara proklamasi merupakan hal yang sakral sehingga harus  dimanfaatkan dalam kemerdekaan Indonesia dengan berbuat hal yang lebih baik. 

"Mari membangun Papua dengan semangat tinggi, agar apa yang riharapkan bisa terwujud," ajak Gubernjur 

Selama masa pandemi, Gubernur juga meminta masyarakat agar tidak kendor untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat dalam waktu yang tidak terlalu lama Papua akan menggelar Pekan Olahraga Nasional dan Peparnas. 

"Beliau sangat berharap PON dan Peparnas nanti bisa ada penonton. Dengan demikian, pak gubernur minta masyarakat yang belum vaksin bisa membawa diri untuk di vaksin," tutup Rifai.**