Dapat Bantuan Mesin Konsentrator, Pemkab Jayapura Optimis Tekan Laju Penyebaran Covid-19

Perwakilan PT Pangansari Utama Food Resources, Tariyono menyerahkan bantuan mesin konsentrator kepada RSUD Yowari yang diterima oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw/Andy

JAYAPURA,wartaplus.com – Dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura menangani pendemi covid-19, Media group-Pangansari Utama memberikan bantuan mesin konsentrator kepada Rumah Sakit Umum Daerah Yowari. 

Pemberian mesin konsentrator diterima langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw didampingi Direktur RS Yowari,  Petronela Risamasu, Rabu (11/8/2021) siang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw  mengatakan, bantuan mesin oksigen konsentrator ini sangat membantu pemerintah dalam penanganan pasien Covid-19. 

“Ini sangat menolong kami dalam menangani covid-19 di Kabupaten Jayapura. Atasnama pemerintah dan masyarakat kabupaten jayapura memberikan terima kasih atas bantuan ini,” katanya kepada wartawan usai menerima bantuan konsentrator tersebut.

Menurut Awoitauw, bantuan konsentraor tersebut akan memberi semangat dan spirit kepada seluruh tenaga medis dalam bekerja memerangi Covid-19. 

“ Ini sangat bermanfaat dan berharga bagi kami dan pasti akan memberikan semangat bagi tenaga medis yang bekerja. Jadi kehadiran alat ini akan menambah kekuatan kami untuk bisa memrangi covid-19,” terangnya.

Bupati mengaku, sejak meningkatnya kasus covid-19 pada pertengahan Juli lalu, RSUD Yowary sempat kesulitan mendapat tabung oksigen karena meningkatnya pasien. Sehingga diharapkan dengan bantuan ini akan membantu meringankan kerja dari para tenaga medis.

“Pada bulan Juli sampai awal Agustus tingkat kasus ini sangat tinggi, tetapi kami masih bisa menangani dengan baik. Saat itu stok sempat habis karena permintaan yang meningkat. Semoga dengan bantuan ini akan menolong kita dalam mengatasi kasus covid-19,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan alat kesehatan ini, pihaknya optimis bisa menurunkan penyebaran covid-19 di Kabupaten Jayapura dengan dilaksanakannya vaksinasi terutama menjelang PON XX pada bulan Oktober mendatang. 

“Kita optmis bisa memerangi covid-19 di Kabupaten Jayapura. Kita juga gencar melakukan vaksinasi warga yang berada di lokasi venue PON, target kita sebelum PON sudah tujuh puluh persen warga divaksin sehingga bisa menekan penyebaran covid-19,”imbuhnya.

Sementara itu perwakilan PT Pangansari Utama Food Resources, Tariyono menjelaskan bahwa pemberian bantuan mesin oksigen konsentrator ini merupakan salah satu upaya kami ikut menekan laju penyebaran covid-19 di papua. 

“Pemberian bantuan mesin oksigen konsentrator ini merupakan salah satu upaya kami ikut menekan laju penyebaran covid-19 di papua. Ini juga adalah bentuk kemanusiaan untuk saling menolong dan juga kita ingin berkontribusi bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap agar mesin konsentrator tersebut bisa digunakan dengan baik dalam menangani pasien covid-19 di Kabupaten Jayapura. “Tujuan kita membantu pasien-pasien yang sementara menjalani perawatan. Semoga dengan alat ini bisa dimaksimalkan untuk menangani pasien covid19 dan mereka cepat sembuh,” tandasnya.*