Polda Papua Gelar Pengobatan dan Operasi Gratis Di Kwamki Lama

Pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Polda Papua ini bekerjasama dengan Yayasan Doctor Share/Tahir

TIMIKA,-Polda Papua bekerjasama dengan Yayasan Doctor Share menggelar pengobatan dan operasi gratis kepada warga di Kampung Harapan Distrik Kwamki Narama Kabupaten Mimika Papua, Sabtu (12/5).

Ratusan warga yang berada di distrik Kwamki narama kabupaten Mimika mengantri untuk mendapat pelayanan kesehatan secara gratis oleh Polairud Polda Papua. Antusias tersebut terlihat sebelum para dokter mulai melakukan pemeriksaan.

Pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Polda Papua ini bekerjasama dengan Yayasan Doctor Share dengan melibatkan sedikitnya 20 dokter spesialis.

Selain mendapat pengobatan gratis, para dokter juga melakukan operasi terhadap warga yang datang berobat yang dipusatkan di Kantor Distrik Kwamki Narama. Pasalnya sebagian besar masyarakat yang datang berobat banyak menderita penyakit hernia, katarak, tumor kecil, usus buntu, dan ambient.

Dirpolair Polda Papua Kombespol Yulius Bambang mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat papua, terutama dalam pelayanan kesehatan.

“Untuk di Kabupaten Mimika sendiri khususnya di Kwamki Lama, selain melibatkan Yayasan kami juga bekerjasama dengan Pemkab Mimika untuk bersama sama melakukan kegiatan ini,” kata Yulius di sela sela acara pengobatan itu.

Menurut Bambang, pelayanan kesehatan sendiri telah digelar di beberapa daerah di Provinsi Papua, termasuk di kabupaten Asmat serta beberapa wilayah dibagian pesisir yang sulit dijangkau.

“Sebelumnya kegiatan seperti ini kita lakukan di kabupaten Asmat, tujuan kami semata mata kita ingin menolong masyarakat kita yang masih membutuhkan pelayanan khususnya di bidang medis,”katanya.

Bambang menyebutkan. Khusus penanganan medis di wilayah pesisir, kebanyakan masyarakat menderita yang memang membutuhkan operasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan di wilayah peguunungan juga seperti di Kwamki juga membutuhkan hal yang sama.

Selain mengadakan pengobatan gratis, kepolisian juga memberikan bantuan sembako kepada warga. Pemberian sembako ini diserahkan langsung oleh Ibu Ketua Bhayangkari Polda Papua Ny. Ira Boy Rafli Amar.*