Pemerintah Mewacanakan Penutupan Akses Keluar Masuk Papua Per 1 Agustus

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi via zoom meeting, Senin (19/07)/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada masyarakat Papua agar dapat melakukan persiapan dan mengantisipasi Surat Edaran Gubernur yang akan datang. 

Melalui Juru Bicara Gubernur, M.Rifai Darus mengatakan, persiapan dilakukan, sebab direncanakan Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan. 

Penutupan akses diperkirakan akan berlangsung mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2021. "Kebijakan ini akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua pada rabu 21 Juli 2021 nanti," kata Rifai dalam rilisnya, Minggu (20/07).

Dijelaskan, penutupan akses keluar masuk Provinsi Papua dikecualikan pada aktivitas yang berhubungan dengan PON XX Papua dan PEPARNAS XVI Papua tahun 2021.

"Gubernur Papua Lukas Enembe mengharapkan agar Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua dapat menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah maupun yang akan dikeluarkan oleh Pemprov Papua," ungkap Rifai. 

Hal ini, lanjutnya, bertujuan untuk memperlancar persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021 serta lebih jauh lagi untuk menyelamatkan setiap nyawa penduduk di Tanah Papua dari ancaman virus Covid-19.

Sebagai tuan rumah PON XX dan PEPARNAS XVI, Papua akan terus berupaya agar opsi kehadiran penonton dapat menyemarakkan kedua pagelaran tersebut.

"Untuk itu, Gubernur Papua Lukas Enembe juga berpesan kepada Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua agar dapat mengebut dan menambah akselerasinya dalam melakukan vaksinasi kepada seluruh warga di Papua, demi tercapainya herd immunity jelang PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021 yang akan diselenggarakan 73 hari lagi," jelas Rifai.

Berdasarkan info grafis perkembangan Covid 19 di Papua mulai 17 Maret 2020 hingga 18 Juli 2021 Total pasien Covid-19 mencapai 30.118 kasus, dengan rincian sembuh sebanyak 24.105 orang, dirawat 5.379 orang dan meninggal dunia sebanyak 634 orang.

Laju penyebaran Covid 19 di Papua terus meningkat di setiap daerah. Bahkan, kabarnya varian delta sudah masuk ke Papua tepatnya di Kabupaten Merauke. **