Komunitas Sepeda KO'GAS Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Komunitas Sepeda KO'GAS berfoto bersama di Gunung Bakso Sentani Kabupaten Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com -  Memperingati Hari lahirnya Pancasila 1 Juni 1945, Komunitas Gowes (KO'GAS) Jayapura melakukan gowes bareng dari ruko PT. Cycloop Rizqiana Jaya, Hawai Sentani menuju Gunung Bakso Sentani, Selasa (1/6/2021) pagi. 37 Goweser mengikuti kegiatan ini yang berjarak tempuh pergi dan pulang 39 kilometer. Sebelum ke Gunung Bakso para goweser KO'GAS mampir ke GOR Toware, Bukit Teletabis.

Para goweser ini meyakini Pancasila sudah seharusnya senantiasa menjadi sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pancasila menjadi ikatan yang menguatkan dalam memenangkan setiap ujian kehidupan. Pancasila menjadi inspirasi dan landasan dalam berpikir, bersikap dan bertindak, dulu, kini dan seterusnya dalam negara kita,"ujar Paul Isak Saukoly penasehat KO'GOS, Selasa (1/6/2021)

"Sebagai komunitas sepeda yang tidak membedakan jenis sepeda dengan motto keberagaman dalam kebersamaan, KO'GAS telah melakukan hal-hal prinsip dari Pancasila,"ujar Ketua Umum KO'GAS, Vanwi Subiyat.

Diketahui tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila pada 2016 lalu. Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikannya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung.

Hari Lahir Pancasila juga diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setiap tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional.*