Sarasehan Pemprov Papua dan Awak Media Bahas Berbagai Hal

Para pembicara dalam sarasehan Pemprov Papua dan awak media/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua mengelar Sarasehan bersama  awak media baik cetak, elektronik, dan online se- Kota Jayapura.

Bertempat di salah satu hotel Kota Jayapura, Rabu (28/04/2021), kegiatan sarasehan ini juga dihadiri para pimpinan kehumasan TNI Polri di Papua

Adapun tema yang diusung "Bersama Awak Media Membangun Papua untuk Indonesia, Bersatu Sukseskan PON XX dan Peparnas XVI tahun 20201 dan Bersama Rakyat Hentikan Sebaran Covid-19 di Tanah Papua".

Sarasehan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang positif mengenai pembangunan yang ada di Papua serta dalam rangka menyukseskan PON XX dan Peparnas XVI yang akan diselenggarakan di bumi cenderawasih tahun ini, juga untuk keselarasan informasi Covid-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jerry Yudianto mengatakan

awak media merupakan mitra pemerintah, sehingga diharapkan media dapat lebih mengedepankan informasi positif mengenai kondisi Papua misalnya pengurangan kemiskinan, peningkatan gini rasio dan lain sebagainya.

"Banyak hal positif soal Papua yang belum terlalu sering dipublikasikan sehingga masyarakat luas tidak mengetahui, sehingga diharapkan hal-hal ini juga tidak luput dari pemberitaan," kata Jerry

Melalui kegiatan ini pula, ungkap Jerry, dapat sebagai ajang membangun kerja sama dengan awak media guna menghasilkan produk berita yang sesuai kaidah jurnalistik.

"Apalagi kini banyak beredar berita hoax (bohong atau belum tentu kebenarannya), maka dalam sarasehan ini diharapkan media dapat memberikan verifikasi agar masyarakat menerima informasi yang valid," ungkapnya.

Jerry menambahkan, melalui momen sarasehan ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan  PON dan Peparnas tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua agar dapat diketahui oleh masyarakat.

"Melalui pemberitaan juga masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk maju sehingga tidak terkesan hanya diam di tempat saja," terangnya.

Kegiatan sarasehan ini menghadirkan pembicara Asisten II Sekda Papua, Muhammad Musaad, Sekertaris PB PON Papua, Elia Loupatty, Ketua Panitia Peparnas XVI, Doren Wakerkwa, Dir Intel Polda Papua dan Sekertaris Dinas Kesehatan serta moderator Kadiskominfo Papua.**