Bunga Rosella Tocker Ampuh Atasi Kolestrol

Net

WARTAPLUS - Bisa dibilang, kolesterol kini jadi 'musuh' banyak orang, tak pandang usia. Gaya hidup membuat sebagian orang dari usia muda terjangkit kolesterol tinggi. Hal ini tidak terlepas dari pola makan yang biasanya didominasi tinggi lemak.

Kolesterol tinggi bisa berujung pada sejumlah penyakit, makanya harus segera dikendalikan. Kalau kadung punya kolesterol tinggi, Anda tidak harus bergantung pada obat-obatan. Ada sejumlah tanaman yang mampu membantu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satunya, rosella. Dikenal sebagai tanaman yang tak hanya berbunga cantik, rosella juga punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Khasiat tanaman bernama latin Hisbiscus sabdariffa ini bahkan sudah tersohor di berbagai negara.

Anda bisa memanfaatkan bunga rosella untuk menurunkan kadar kolesterol. Untuk memetik khasiat ini, caranya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi teh dari bunga rosella secara rutin.

"Pengolahannya cukup dengan dikeringkan, lalu diseduh," kata Tuti Sumarni, ketua kelompok Asuhan Mandiri Rosella, kepada VIVA di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Tuti melanjutkan, teh rosella bisa dikonsumsi dua kali sehari. Satu genggam rosella kering bisa diseduh dengan 200 cc air hangat. Selain dikeringkan, bunga rosella juga bisa dibuat menjadi sirup.

Bedanya, untuk membuat sirup bunga yang digunakan adalah bunga yang masih segar. Lima bunga rosella segar direbus dengan air selama 10 menit dan diberi tambahan gula.

Meski Anda tidak memiliki keluhan kolesterol tinggi, teh bunga rosella juga baik untuk dikonsumsi secara rutin. [net]