Pastikan Situasi Kondusif, Bupati Puncak Dan Dandrem Biak Tiba di Beoga

Pertemuan Bupati Puncak Papua Willem Wandik,SE,M,Si,bersama dengan Danrem 173/PVB Biak Brigjen TNI Iwan setiawan saat melakukan kunjungan kerja di Distrik Beoga/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Dalam rangka memastikan kondisi aman dan kondusif Bupati Puncak Papua Willem Wandik bersama dengan Danrem 173/PVB Biak Brigjen TNI Iwan setiawan, melakukan kunjungan kerja di Distrik Beoga, Kamis (22/4/2021) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, dilakukan juga dialog dengan masyarakat, dimana masyarakat meminta kepada Danrem dan Bupati, agar Tni/Polri serta pemerintah bisa menjamin keamanan, sehingga kondisi stabilitas di Distrik Beoga, benar-benar pulih seperi sedia kalah terutama pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Sebab sejak kejadian penembakan guru dan pembakaran sekolah di kampong Julokoma Distrik Beoga pada 9 Apri meninggalkan trauma yang mendalam bagi warga setempat, bahkan aktifitas perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan pelayanan kesehatan lumpuh total.

Masyarakat yang merasa pendidikan sangat bermanfaat bagi generasi emas, pun menghibahkan sebuah lahan yang dipergunakan untuk membangu bangunan sekolah yang dibakar KKB.

Salah satu bidan di Puskemas Beoga, Erina murib mengakui jika masyarakat sudah dua pekan ini, mengingingkan pelayanan kesehatan dan pendidikan, sebab sejak peristiwa penembakan guru, aktfitas kesehatan dan pendidikan lumpuh total.

“Kami minta agar ada jaminan keamanan, sehingga aktiftas di Distrik beoga bisa kembali normal, karena masyarakat sangat membutuhkan pendidikan dan kesehatan, ekonomi juga tidak jalan, bank tutup, kami mau kemana, pesawat saja takut masuk ke beoga, jadi kami minta pemerintah segera jaminan keamanan bagi kami di sini,” harapnya.

Menjawab harapan masyarakat Distrik Beoga, Danrem 173/PVB Biak Brigjen TNI Iwan setiawan mengatakan kedatangan ke Distrik Beoga dalam rangka memberikan solusi, sebab ada aksi dari kelompok yang berbeda pendapat sangat menggangu setabilitas keamanan yang ada.

“Kami datang ke Beoga, untuk memberikan solusi, kami sudah kunjungan ke lokasi tempat kejadian di kampong Julokoma, Ambobra, yang mana kami sudah perkuat Kormail dan Polsek di Beoga, sehingga saya pastikan kondisi di Beoga sudah terkendali dan kondusif,” ungkapnya.

Danrem juga mengajak masyarakat agar jangan takut dalam beraktfitas, karena TNI/Polri,pemerintah daerah sudah memberikan jaminan keamanan, bahkan Ia memita kepada masyarakat untuk tidak mempercayai informasi yang tidak benar (hoax) .

Sementara itu Bupati Puncak Willem Wandik menyampaikan kehadiran ke Distrik Beoga sebagai wujud kehadiran Negara serta menyakinkan masyaakat bahwa kondisi di Beoga sudah aman.
Selain itu juga ia memastikan grosir dan perbankan kembali beraktfitas, sehingga ekonomi bisa kembali normal.

 “Kita akan ke Timika untuk mengajak guru dan tenaga medis,kita akan pastikan mereka aman dalam bertugas,meski kita akui bahwa mereka masih trouma dan butuh waktu,”tambahnya.