PCI Papua Segera Gelar Musorprov Pilih Pengurus Baru

Ketua PCI Papua, El Bahar Conoras/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Kepengurusan PCI Papua telah berakhir pada 17 MAret 2021.  Meski dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI )masih memberi kesempatan untuk dilakukan Musyawarah pergantian kepengurusan paling lambat Enam bulan kedepan, namun PCI Papua langsung bergerak cepat menyiapkan agenda Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) pemilihan ketua dan pengurus baru, guna optimalisasi sejumlah persiapan terutama jelang PON Papua.

Ketua PCI Papua, EL Bahar Conoras yang dikonfirmasi terkait hal tersebut membenarkan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dan akan menggelar Musorprov pada Selasa 30 Maret 2021. “Kegiatan Musorprov Cricket Papua akan dilakukan Selasa (30/03/2021) bertempat di Horison Hotel Kotaraja, Jayapura. Nantinya pembukaan akan dilakukan Kabid Organisasi KONI Papua,” ujar El Bahar dalam rilisnya yang diterima wartaplus.com, Selasa (30/03/2021).

Dia menambahkan, pihaknya juga sangat bangga dan memberi apresiasi pada pengurus PCI Pusat, yang memastikan akan hadir dalam Musorprov PCI Papua itu. “Kita sangat Bahagia karena pak Wakil Ketua Umum PCI Pusat, Abiram dan Sekretaris Jenderal, Albert akan hadir dan melihat langsung jalannya Musorprov, Bersama General Manager (GM) PCI Pusat, Alfi yang sudah ada di Jayapura saat ini,” tuturnya.
EL Bahar menjelaskan, setelah rombongan dari PCI Pusat dari Jakarta tiba, dalam Musorprov akan dilakukan Musyawarah Daerah dengan pleno-pleno guna pemilihan ketua dan pengurus baru PCI Papua. 

“Nantinya akan diwakili oleh lima pengurus cabang PCI di Papua, yakni Pengcab PCI Kota Jayapura, PCI Kabupaten Jayapura, PCI Keerom, PCI Sarmi dan PCI Mimika. Akan kita berproses untuk pemilihan ketua baru,” ujarnya.

Disinggung sosok siapa saja yang akan maju mencalonkan diri sebagai ketua PCI Papua, El Bahar mengaku dirinya berharap kalau boleh ada regenerasi kepengurusan.  “Namun, tentu semua Kembali pada floor yakni pemilik suara untuk menentukan pilihan siapa yang akan diusung menjadi Ketua PCI Papua,” paparnya.

Dikemukakan El Bahar lagi, kepengurusan baru PCI Papua hasil Musorprov nanti akan kian special, seban yang akan melantik mereka adalah Ketua umum PCI Pusat sendiri, yakni Azis Syamsudin, yang juga adalah Wakil Ketua DPR RI.

“Jadi nanti di tanggal 31 Maret, atau sehari setelahnya, langsung akan dilakukan pelantikan pengruus PCI Papua yang baru hasil Musda ini oleh Ketua Umum PCI Pusat, Azis Syamsudin. Jadi badan formatur nantinya hanya akan diberi waktu setengah hari untuk Menyusun kepengurusan. Karena memang tak telalu banyak kepengurusannya. Seusai pelantikan baru direncanakan Bimtek introduction Cricket dan dilanjutkan Rapimda menetapkan kebijakan pengembangan Cricket di Tanah Papua,” pungkasnya.

Sementara Ketua PCI Timika, Marjan Tussang yang dimintai tanggapannya mengaku pihaknya siap menyukseskan jalannya Musorprov PCI Papua.
Senada dengan El Bahar Conoras, Marjan yang kesehariaanya juga sebagai pengacara di kota Timika berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Jujur kami juga masih mengharapkna sosok pemimpin yang bisa menaungi dan bisa membawa Cricket di Papua lebih baik lagi. Kami sangat berharap Ketua PCI Papua saat ini, pak EL Bahar Conoras bisa Kembali memimpin PCI Papua untuk periode kedepan. Menurut kami di PCI Mimika, saat ini figure yang paling pantas masih beliau (EL Bahar Conoras-red),”ujarnya.*