Menkopolhukam Pastikan Bantu Akomodasi PON XX di Papua

Pertemuan Menkopolhukam RI, Mahfud MD dan PB PON di Jakarta, Selasa (16/03)/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com – Menkopolhukam RI, Mahfud MD memastikan siap membantu akomodasi  pelaksanaan PON XX di Papua, Oktober 2021 mendatang. 

Ini dusampaikannnya dalam rapat bersama Panitia Besar (PB) PON Papua di Jakarta, Selasa (16/03).

Bantuan dimaksud dengan menginstruksikan lembaga setingkat kementerian dibawahnya untuk mendukung transportasi serta tempat penginapan terapung bagi atlet dan ofisial dari seluruh provinsi.

“Tadi kita ada pertemuan dengan Menkopolhukam, dimana kami menyampaikan agar kementerian dibawahnya membantu menyediakan alat transportasi pesawat Hercules bagi atlet dan ofisial yang membawa alat kelengkapan,”kata Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda, di Jakarta, Selasa, (16/03)

Dalam pertemuan tersebut, ungkap Yunus, pihaknya meminta ada penambahan kapal untuk menjadi hotel terapung di Papua.  

“Kemenpolhukam menyatakan siap meneruskan kepada kementerian dibawahnya, supaya bisa menentukan langkah menyikapi kesiapan PON di Papua,” kata Yunus.

Selain Kemenpolhukam, kata Yunus, pihaknya juga menyambangi PT Freeport di Jakarta, membahas bantuan untuk pelaksanaan PON XX, baik dalam bentuk sponsor maupun lainnya. Meski sebelumnya sudah membangun venue di Kabupaten Mimika. 

“Freeportmenyatakan siap membantu kami, apalagi Freeport juga bagian dari tuan rumah PON,” ujar Yunus.

Ini mengingat pelaksaan PON XX tetap akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 sebagaimana penegasan Presiden Joko Widodo.

Terkait waktu pelaksanaan yang semakin dekat, Yunus Wonda meminta seluruh jajaran kepanitiaan iven empat tahunan di Papua agar fokus dan serius bekerja menunaikan tanggung jawabnya masing-masing. 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Papua, untuk mensukseskan PON dengan memastikan bahwa Papua berada dalam kondisi yang aman dan terkendali.

Dalam pertemuan dengan Presiden di istana, Presiden minta PON dilaksanakan sesuai jadwal pada 2-15 Oktober. Sehingga kementerian diminta berikan perhatian ke Papua untuk penyelenggaraan dan kebutuhan anggaran.

“Pada kesempatan ini saya minta dukungan masyarakat dan pastikan bahwa Papua tetap dalam keadaan aman dan kita semua rakyat jamin PON akan sukses,” pintanya.**