MRP Rilis Buku 20 Tahun Capaian Otsus

Ketua MRP, Timotius Murib menyerahkan buku tentang capaian implementasi otsus kepada Gubernur Papua/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com - Ketua MRP, Timotius Murib menyerahkan sebuah buku yang baru dirilis kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, bertempat di ruang kerja Gubernur, Rabu (10/03) siang.

Buku yang dibuat oleh Majelis Rakyat Papua ini berisi tentang berbagai persoalan dan capaian selama 20 tahun implementasi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) di Papua.

Dalam wawancara usai penyerahan buku, Timotius Murib mengaku, buku ini memiliki tiga bagian. Namun secara keseluruhan menyimpulkan semua persoalan Papua selama bergulirnya Otsus sejak 2002 silam. 

Tiga bagian itu, pertama hasil pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Otsus Papua, kedua kajian UU Otsus Papua dari akademisi secara ilmiah dan ketiga capaian dari Otsus selama 20 tahun

Timotius berharap, buku ini bisa memberikan pokok-pokok pikiran baru bagi masyarakat untuk pembangunan Papua kedepan lebih baik dari hari ini. 

“Mudah-mudahan setelah buku ini beredar, masyarakat bisa baca dan tahu bagaimana implementasi Otsus di Papua selama ini," harapnya

Sehingga nantinya bisa menjadi masukan saran bagi Pemerintah. Apalagi, aku Timotius, saat ini Pemerintah Pusat sedang menggodok revisi UU Otsus. 

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe memberikan apresiasi kepada MRP yang telah menyusun buku tersebut, karena buku ini dapat menjadi pegangan bagi masyarakat Papua. 

“Buku ini berisi lika-liku perjalanan Otsus Papua. Keinginan masyarakat Papua mau seperti apa juga tertuang dalam buku ini," kata Gubernur

Ia berharap buku yang mencatat sejarah implementasi Otsus ini nantinya bisa dipelajari oleh publik.**