Realisasi PAD Papua 2020 Lampaui Target

Ilustrasi: Daerah kawasan bisnis Ruko Dok II Kota Jayapura/dok.Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua pada 2020 melampaui target yang ditetapkan sebelumnya

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Papua, MB Setiyo Wahyudi, SE, MM, mengatakan capaian realisasi PAD tahun 2020 sebesar Rp1. 255 triliun.

"Jadi, target kita PAD Papua tahun 2020 sebesar Rp 1.060 triliun sampai akhir tahun, terealisasi sebesar Rp 1.255 triliun,”ujar Setiyo Wahyudi, Selasa (09/03).

Ia mengaku, capaian ini tidak lepas kerjasama yang baik dari semua pihak dalam melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam meningkatkan PAD meski dalam pandemi Covid-19.

“Walapun kita berada pada masa pandemi virus corona, tapi target PAD bisa dicapai, padahal kita sudah lakukan relaksasi pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya relaksasi pajak ini, Wahyudi menyebut, antusias masyarakat cukup tinggi dalam membayar pajak. “Peningkatan PAD tahun 2020 juga karena PT Freepot Indonesia membayar pajak air permukaan,” ucapnya.

Setiyo Wahyudi menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua 2021 menargetkan PAD sebesar Rp1.765 triliun, dan hingga bulan Februari terealisasi sebesar Rp 361 milyar. 

“Mudah-mudahan di triwulan 1 ini kita bisa melampaui target,” harapnya.

Setiyo juga berharap, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Papua bisa menjalankan program kerja dengan optimal, agar target PAD tahun 2021 bisa tercapai secara maksimal.**