Pelantikan Bupati Asmat Berbuntut Kerusuhan dan Penjarahan

Foto Istimewa

ASMAT,wartaplus.com – Pengerusakan Kantor Bupati dan Kediaman Bupati Kabupaten Asmat yang dilakukan oleh sekolompok massa, Rabu (3/3/2021)  sekitar pukul 12.30 WIT

Pengerusakan Kantor Bupati diduga dilakukan  calon Wakil Bupati berinisial BJ yang membuat keributan karena menolak hasil Pemilukada di Kabupaten Asmat.

Walau personel bersama Kapolres Asmat menuju ke Kantor Bupati untuk meredahkan keributan dari massa. Namun massa tidak menerima imbauan yang diberikan oleh Kapolres Asmat dan selanjutnya massa melanjutkan orasi ke Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat dengan di kawal oleh personel Polres Asmat.


Setelah melakukan orasi di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Asmat, massa kemudian kembali ke Kantor Bupati Kabupaten Asmat dan langsung melakukan tindakan anarkis dengan merusak Gedung  Aula Ja Asamanam Ap Camar.

Anggota yang berada di tempat kejadian langsung mengambil tindakan yang terukur dengan mengeluarkan tembakan peringatan dan memukul mundur massa. Massa yang dipukul mundur oleh anggota kemudian berlari menuju Kantor KPU Kabupaten Asmat dan kembali melakukan pengerusakan. 

Masyarakat yang sudah berkumpul di Sekretariat Paslon nomor urut 02  yang bertempat di Jalan Bintang laut mendengar bahwa situasi Kantor Bupati Kabupaten Asmat yang sudah di rusak. Massa yang sudah siap dengan alat tajam, panah, tombak langsung menuju kediaman Bupati Asmat Bapak Elisa Kambu, S.Sos, dan langsung melakukan pengerusakan.

Personel yang melakukan pengamanan pada Pos Kediaman Bupati Asmat juga ikut di serang oleh massa yang dari Sekretariat Paslon nomor urut 02.

Selanjutnya massa dari Kompleks Pelabuhan Lama Agats keluar dengan memegang alat tajam dan merusak ruko-ruko dan kios di sepanjang jalan Yos Sudarso Agats dan melakukan penjarahan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, mengatakan dalam kejadian tersebut personil gabungan mengamankan sebanyak 11 orang  dan saat ini masih dalam pemeriksaan penyidik Reskrim Polres Asmat.

Pasca kejadian, situasi di Kabupaten Asmat relatif kondusif, personil gabungan TNI dan Polri terus melakukan patroli di seputaran Kota Agats untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Asmat intuk tetap tenang dan tidak mudah terhasut oleh pihak2 yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi untuk mengganggu stabilitas .*