Walikota Sorong Pimpin Tim Percepatan Provinsi Papua Barat Daya

Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan selaku ketua tim melakukan penandatanganan berita acara pengukuhan tim percepatan pemekaran calon provinsi Papua Barat Daya/Ola

SORONG,-Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan mengukuhkan dan meresmikan tim percepatan pemekaran calon provinsi Papua Barat Daya, di halaman kantor Walikota Sorong, Papua Barat, Senin (7/5).

Dalam sambutannya, Mandacan mengatakan bahwa tujuan dibentuknya tim percepatan pemekaran Provinsi Papua Barat Daya oleh 5 Bupati dan 1 Walikota untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kulaitas pelayanan publik, meningkatkan daya saing daerah dan memelihara keunikan adat istiadat daerah.

"Provinsi Papua Barat memiliki letak geografis yang sangat berat yaitu 12 Kabupaten dan 1 Kota, dengan 218 distrik, 95 kelurahan dan 1.742 kampung dengab luas 99.662,63 km persegi. Sehingga sudah sepatutnya wilayah Papua Barat dimekarkan untuk menjawab tantangan pembangunan. Sebagai Gubernur sekaligus kepala suku besar Arfak, Saya mendukung pemekaran provinsi Papua Barat Daya," tandas Mandacan.

Gubernur juga berpesan kepada Tim untuk merangkul semua komponen masyarakat terutama tim yang sudah dibentuk sejak tahun 2006 lalu. "Awalnya datang dari masyarakat harus jadi satu. 

Agar memperbaharui semua persyaratan yang diperlukan sesuai perundang-undangan dan berkordinasi dengan DPRD Kabupaten Provinsi, MRP, Pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat. Selain itu, selaki kepala daerah tetap lebih mengutakaman tupoksi sebagai kepala daerah terutama dalam pengelolaan anggaran dengan baik dan benar," tambah Mandacan.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung tim yang ada dengan menjaga keamanan agar kondusif.*