Masyarakat Papua Diminta Taati Maklumat Kapolri Soal Prokes saat Libur Nataru

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal memperlihatkan maklumat Kapolri/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURAwartaplus.com – Guna memutus dan mencegah mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 saat libur panjang akhir tahun, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si mengeluarkan maklumat dengan nomor :Mak/4/XII/2020 tanggal 23 Desember 2020.

Maklumat tersebut tentang Kepatuhan terhadap protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Maklumat ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan penanganan penyebaran Covid-19 secara nasional yang yang belum sepenuhnya terkendali dan masih berpotensi berkembang luas dalam masyarakat.

Kapolri mengeluarkan Maklumat untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval serta pesta penyalaan kembang api.

Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Muthofa Kamal, SH menjelaskan, Provinsi Papua saat ini berada di urutan ke 13 dalam penyebaran Covid- 19. Berdasarkan data, yang terkonfimasi sebanyak 12.791 orang, dirawat 6.657 orang, sembuh 5.988 orang dan meninggal dunia 146 orang.

"Maklumat Kapolri dikeluarkan selain untuk untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir tahun, juga untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru Tahun 2021," ungkap Kamal, Kamis (24/12).

Kamal juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menaati maklumat Kapolri yang telah dikeluarkan untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di Tanah Papua. 

"Mari kita bersama - sama melaksanakan ibadah natal kali ini dengan sehat, sambil mengikuti protokol kesehatan yang ada demi kebaikan kita semua," ajaknya.**