Protokol Kesehatan Tetap Diutamakan

Pelabuhan Laut Jayapura Dipadati Penumpang Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Puncak arus mudik di Pelabuhan Laut Jayapura mengalami peningkatan jelang H-5 Perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun  2021/Cholid

JAYAPURA,wartaplus.com – Puncak arus mudik di Pelabuhan Laut Jayapura mengalami peningkatan jelang H-5 Perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun  2021. Berdasarkan catatan, penupang arus mudik menggunakan Kapal Laut di Pelabuhan Jayapura H-5 mencapai hingga 2000 penumpang yang hendak bepergian ke kampung halamnnya masing-masing. Sedangkan penumpang datang tercatat hanya 800 orang.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura Iptu Enis M Romony mengungkapkan ditengah pandemi saat ini, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang arus mudik di Pelabuhan Jayapura.

“Hari ini dan besok merupakan puncak arus mudik Natal dan Tahun baru. Intinya kami tetap mengedepankan protokol kesehatan yanga ada dengan menertibkan para penumpang yang hendak naik maupun turun di Pelabuh Jayapura di bantu rekan-rekan dari instansi lainnya,” ucap Kapolsek ketika di wawancarai di Minggu (20/12) siang.

Ia pun menjelaskan meski di tahun ini arus mudik Natal dan Tahun baru tidak sepadat tahun sebelumnya.
“Kalau dilihat Tahun ini tidak sepadat Tahun sebelumnya, lantaran pihak Pelni telah membatasi penjualan tiket guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 bagi para penumpang,” ucapnya.

Di singgung terkait dengan upaya penyeludukan jelang peryaan Natal dan Tahun Baru, kata Enis masih ditemukan, namun pihaknya tetap memperketat pengawasan dengan ketersediaan personil yang ada.

“Kami yang di Polsek hanya 20 personel, tapi kami tetap lakukan pengawasan guna mengangisipasi penyeludupan. Tercatat sudah lebih dari satu kali kami ungkap penyeludupan miras dari luar Papua, termasuk dengan Ganja bernilai ratusan jura rupiah di Pelabuhan Jayapura,” bebernya.*