Pemungutan Suara Pilkada Boven Digoel Dijadwalkan 28 Desember

Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com - Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kabupaten Boven Digoel dijadwalkan akan digelar pada Senin, 28 Desember 2020.

Ini sesuai hasil penetapan dalam rapat pleno oleh KPU Provinsi Papua selaku KPU Boven Digoel, serta hasil koordinasi bersama forkopimda setempat

Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (15/12) pagi mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk pendistribusian logistik pilkada. 

"Untuk penetapan jadwal pungut ini juga didasari beberapa pertimbangan, yakni logistik Pilkada yang masih kekurangan 6 item dan pertimbangan hari besar Natal 25 Desember," ujar Theo.

Ia menyebutkan 6 item logistik yang masih kurang antara lain surat suara, C-Hologram, Daftar PasanganCalon, C- Hasil dan Salinan KWK.  

“Untuk item-item ini sudah dalam proses cetak, mudah-mudahan dalam 1 hingga 2 hari ke depan sudah tiba di Boven Digoel,” jelasnya

Selain itu, dalam rentan waktu sebelum hari H pemungutan suara, KPU juga mengejar Bimtek, yang baru dilakukan di 3 Distrik dari 20 distrik yang ada di Kabupaten Boven Digoel.

Sementara untuk tahapan lain, sebut Theo,seperti pelipatan surat suara, sortir dan distribusi logistik diagendakan dalam 5 hari kedepan.  

“Untuk distribusi nanti kita gunakan transportasi Udara, Laut dan Darat, jadi rencananya akan gunakan helikopter untuk distrik yang terjauh,” tukasnya

Ia menambahkan, setelah penetapan jadwal pungut ini diharapkan semua pemilih yang telah terdaftar dalam DPT untuk datang di TPS untuk menentukan pemimpin yang lebih baik.

“Jadwalnya masih sama pukul 07.00 - 13.00, untuk DPT ini bisa dilihat di kantor kelurahan masing-masing, jika pemilih yang tidak memiliki KTP bisa menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan Capil setempat dan E KTP," jelasnya.

Lanjut Theo, KPU juga telah melakukan pertemuan dengann forkompinda terkait keamanan, dan aparat menyatakan siap mengawal untuk proses Pilkada Boven Digoel.

“Jadi KPU secara intens berkomunikasi dengan keamanan dan Bawaslu,” imbuhya. 

Seperti diketahui Pilkada Boven Digoel akan digelar serentak di 107 kampung yang tersebar di 20 Distrik dengan jumlah DPT sebanyak 36.882 Pemilih di 220 TPS

Pilkada Boven Digoel, diikuti 4 pasangan Calon,  masing-masing Nomor urut 1, Hengky Yaluwo - Lexi Romel Wagiu, Nomor urut 2, Chaerul Anwar - Nathalis B. Kake, Nomor Urut 3, Mathinus Wagi - Isak Bangris dan Nomor Urut 4, Yusak Yaluwo - Yacob Waremba.**