11 TPS di Empat Distrik Kabupaten Asmat Direkomendasikan PSU

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH/Istimewa

ASMAT,wartaplus.com  – Berdasarkan hasil Rapat Pleno Bawaslu Kabupaten Asmat, Sabtu (12/12/2020)  terungkap 11 TPS yang ada di 4 Distrik direkomendasikan untuk melaksnakan PSU Pilkada 2020. 11 TPS tersebut yakni Kampung Per Distrik Agats TPS 01, Kampung Asuwetsy Distrik Agats TPS 01, TPS 02, dan TPS 03, Kampung Kaye Distrik Agats TPS 01, Kampung Suwru Distrik Agats TPS 01 dan TPS 02, Kampung Sinepit Distrik Kopay TPS 01, Kampung Sogoni Distrik Atsj TPS 01, Kampung Akat Distrik Akat TPS 01 dan TPS 02.

TPS 01 Kampung per Distrik Agats direkomendasikan PSU karena, telah terjadi pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh Kepala Kampung dan Sekretaris Kampung Per lebih dari satu kali untuk mewakili pemilih dalam DPT pada TPS.

TPS 01, TPS 02, dan TPS 03 Kampung Asuwetsy Distrik Agats, TPS 01 Kampung Kaye Distrik Agats, TPS 01 dan TPS 02  Kampung Suwru Distrik Agats direkomendasikan PSU karena telah terjadi penggabungan TPS sebagaimana disebutkan diatas kedalam satu TPS yang bukan disiapkan oleh KPPS dan telah terjadi pencoblosan surat suara oleh KPPS dan Kepala Kampung Kaye lebih dari satu kali untuk mewakili pemilih dalam DPT pada TPS sebagaimana disebutkan diatas.

TPS 01 Kampung Sinepit Distrik Kopay direkomendasikan PSU karena telah terjadi pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota KPPS TPS 01 Kampung Sinepit, Distrik Kopay.

TPS 01 Kampung Sogoni Distrik Atsj direkomendasikan PSU karena telah terjadi pencoblosan surat suara sisa sebanyak 85 suara oleh KPPS dan saksi Psangan Calon Nomor Urut 1 dan saksi pasangan Calon Nomor Urut 2 di TPS 01 Kampung Sogoni, Distrik Ats.

TPS 01 dan TPS 02 Kampung Akat Distrik Akat direkomendasikan PSU karena telah terjadi pembagian surat suara oleh KPPS TPS 01 dan TPS 02 Kampung Akat Distrik Akat untuk kedua pasangan calon dan telah terjadi pencoblosan surat suara oleh Ketua dan Anggota KPPS TPS 02 dan TPS 02 Kampung Akat, lebih dari satu kali untuk mewakili pemilih dalam DPT pada TPS sebagaimana disebutkan diatas.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan Polda Papua akan terus memberikan pengamanan pada tahapan-tahapan Pilkada 2020 di Papua sehingga pelaksanaan berjalan aman dan kondusif.

“Kami berharap kepada semua pihak, apapun hasilnya untuk mari menerima, karena itu merupakan buah dari masa kampanye yang akan dituai pada proses perhitungan nanti. Mari kita tunjukan bahwa berpolitik di Papua itu menggunakan hati Nurani, sehingga Papua bisa melahirkan para pemimpin yang baik serta berintegritas yang lahir dari proses Demokratis yang bersih,”ujarnya.*