Persipura Jayapura Berpeluang Tampil di Piala AFC 2021

Tim Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Batu Malang/ Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Ditengah ketidakpastian kompetisi di dalam negeri karena pendemi Covid-19, Tim Persipura Jayapura mendapat kabar bahagia. Pasalnya tim berjuluk mutiara hitam ini berpeluang tampil mewakili Indonesia di piala AFC tahun 2021.
Peluang ini didapatkan setelah Persipura tercatat sebagai salah satu dari tujuh club di Indonesia yang dinyatakan lolos lisensi club AFC.

Asisten Menajer Persipura Jayapura, Bento Ridwan Madubun,  yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Namun ia menyebut saat ini persipura masih menunggu keputusan final dari PSSI.

“Kita sudah mendapat kabar itu, tapi penunjukan club yang akan mewakili Indonesia di AFC 2021 ada ditangan PSSI, kalau nanti kita (Persipura) yang ditunjuk, maka kita akan siap,” katanya saat dikonfirmasi Jumat (11/12) pagi.

Bento membeberkan sejumlah alasan Persipura bisa ditunjuk untuk tampil di AFC Cup 2021, diantaranya posisi Persipura saat liga 1 2019 berakhir, peringkat Tim Mutiara Hitam berada di peringkat tiga klasemen.

“Kalau ukurannya diambil dari klasemen kemarin (musim 2019) sangat memungkinkan karena saat itu posisi Persipura berada di peringkat ketiga. Tapi karena tim peringkat kedua Persebaya tidak mendapatkan lisensi AFC sehingga peluang kita untuk tampil di AFC cukup terbuka,” jelasya.

Selain itu, dua finalis Piala Indonesia yakni Persija dan PSM Makassar belum mendapatkan lisensi AFC, sehingga kemungkinan keduanya tidak akan ditunjuk oleh PSSI untuk berlaga di AFC Cup.

“Kemudian dari Piala Indonesia, kedua finalis yakni Persija dan PSM Makassar, dua-duanya tidak mendapatkan lisensi, sehingga berat kemungkinan PSSI Mengambil dari peserta Piala Indonesia,” ujarnya.
Meski peluang penunjukan Persipura untuk tampil di Piala AFC terbuka lebar, namun seluruh keputusan dikembalikan ke PSSI.

“Kita bisa menerima jika keputusan PSSI berdasarkan itu, tapi kalau ada alasan lain kita akan lihat alasannya. Jika nanti kami ditunjuk maka itu juga adalah rejeki anak sholeh,” imbuhnya.

Dari pengalaman tampil di AFC Cup, Persipura Jayapura bisa disebut sebagai salah satu club asal Indonesia yang terbilang sukses. Tim berjuluk mutiara hitam ini pernah mencapai semifinal AFC Cup pada tahun 2014 lalu.