Situasi Boven Digoel  Cukup Kondusif

Anggota kepolisain melakukan pembersihan ban bekas yang dibakar saat demo kemarin di Boven Digoel/Istimewa

BOVEN DIGOEL,wartaplus.com - Situasi Kabupaten Boven Digoel sejak malam hingga, Selasa (1/12/2020)  malam hari ini cukup kondusif pasca terjadinya mobilisasi massa pendukung Paslon 04 dan pembakaran terhadap rumah  salah satu calon Wakil Bupati Boven Digoel.

“Dimana sepulangya dari pembakaran terhadap rumah Wakil Bupati Boven Digoel, beberapa oknum masyarakat melakukan penyerangan terhadap personel TNI-Polri yang tengah melakukan pengamanan di Pos KPU, “ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofha Kamal, SH, Selasa (1/12/2020)

Usai berhasil dikendalikan, kami melakukan koordinasi dengan paslon no urut 4 dan berkomitmen tidak akan melakukan moblisasi massa maupun aktifitas lainnya  dan akan melakukan gugatan sesuai mekanisme hukum yakni melalui Panwas.

Foto: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofha Kamal, SH/Istimewa

“Tadi pagi beberapa personel juga telah melakukan pembersihan dibeberapa titik yang dilakukan pemalangan menggunakan ban bekas yang dibakar. Saat ini anggota masih terus melakukan penjagaan di Kantor KPU Boven Digoel guna mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan,”tandasnya. Lanjutnya, kami juga mengimbau kepada warga agar tidak melakukan aksi yang merugikan dan menganggu situasi keamanan di Kabupaten Boven Digoel.

Selain itu ditempat berbeda, Wakapolda Papua Irjen Pol Matius Fakhiri, S.IK mengatakan untuk Boven Digoel sendiri dari awal sampai tadi malam, aparat gabungan TNI-Polri terus bekerja  dengan melaksanakan diksusi-diskusi panjang dengan teman-teman KPU. Saya juga akan bertemu dengan Komisioner  KPU Provinsi untuk membahas bagaimana langkah-langkah kedepan untuk pengamanan Pemilukada.

“Khusus untuk Boven Digoel, kami sudah meminta kepada pasangan Calon untuk bisa mengendalikan massanya. Pasangan Calon sendiri telah menemui massanya dan meminta maaf kepada aparat atas insiden diluar kontrol dan meminta agar dapat kembali ke kampung halaman masing-masing. Usai kejadian tersebut, kami juga telah mendorong 2 peleton dari kompi Merauke untuk merapat ke Boven Digoel. Tanggal 6 nanti, kami akan menggeser sebanyak 100 personel dari Brimob Nusantara untuk memperkuat pengamanan di daerah Merauke,”ujarnya.

Untuk pergeseran personel ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sendiri kita masih menunggu koordinasi dari KPU, dimana kita berharap H-2 personel telah berada pada TPS guna melakukan pengamanan pergeseran logistik maupun pencoblosan.

"Kami berharap juga kepada setiap Pasangan Calon untuk cerdas menyampaikan Visi dan Misinya kepada masyarakat pada pelaksaan Pemilukada sehingga masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan apa yang dirasa bahwa Pasangan Calon tersebut dapat menjadi pemimpin yang baik,"ujar Wakapolda.*