Kemenag Beri Beasiswa Untuk 253 OAP Tempuh Pendidikan S1

Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam sebuah acara di Jayapura/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com – Sebanyak 253 putra dan putri orang asli Papua (OAP), menerima bantuan beasiswa menjalani studi S1 pada Perguruan Tinggi Kristen Negeri (PTKN) di luar Papua.

Penyerahan beasiswa oleh Menteri Agama Fachrul Razi, di Jayapura, Kamis (3/9).

“Beasiswa bagi 253 anak Papua ini masih tahap pertama untuk disekolah pada enam kota besar di Indonesia,” ungkap Fachrul Razi.

Namun, lanjutnya, jika putra-putri asli Papua tersebut ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, maka Kemenag siap memberikan beasiswa ke luar negeri.

Kemenag RI sebelumnya memberikan bantuan sebesar Rp 65 miliar bagi Provinsi Papua, yang diantaranya untuk dipergunakan membiayai program beasiswa, pembangunan rumah ibadah serta perbaikan sekolah.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Lipiyus Biniluk mengapresiasi perhatian Kemenag RI terhadap bidang keagamaan di bumi cenderawasih.

Melalui perhatian itu, dia berharap di masa mendatang kerukunan umat beragama di Papua, dapat terus terjaga guna menangkal masuknya paham radikal yang berpotensi memecah belah keutuhan bangsa.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei menyatakan siap mendistribusikan seluruh anggaran dari Kemenag RI, guna menunjang bidang keagamaan di bumi cenderawasih.

“Sebab harapan kita adalah terwujudnya tolenransi antar umar beragama di Papua,” harapnya. **