Gubernur Pimpin Gelar Pasukan Siaga Bencana Alam dan Covid-19

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pimpin apel siaga bencana alam dan covid-19 di Polda Papua Barat, Senin (16/10/2020)/Alberth)

MANOKWARI,wartaplus.com- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan memimpin apel gelar pasukan kesiapsagaan menghadapi bencana alam di wilayah Papua Barat, Senin (16/11/2020) pukul 8.30 WIT

Turut hadir pada apel tersebut Pangdam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Kajati Papua Barat, Ketua DPR Papua Barat, Ketua MRP Papua Barat, Forkopimda.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan perubahan cuaca ekstrem menjadi perhatian bersama, sehingga diperlukan langkah proaktif, baik kesiapan personil secara kualitas dan kuantitas serta memperhatikan protokol kesehatan. 

“Pemerintah daerah, TNI, Polri dan jajaran untuk mempersiapkan diri berperan secara proaktif. Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada personil yang telah siap siaga” pesan Gubernur.

Dikatakan Gubernur bahwa peneknan yang menjadi pedoman ditengah pandemi covid-19 ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan, penyiapan segala seluruh administrasi, sarana prasarana dan bentuk satuan tugas inti dan cadangan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Oleh sebab itu, Gubernur juga memerintahkan jajaran agar memantau terus perkembangan situasi, melakukan himbauan kepada masyarakat yang berada pada rawan bencana, termasuk melaksanakan pelatihan bersama dalam penanganan bencana alam dan covid-19. 

Diakhir sambutan itu, Dominggus mengajak untuk menjaga NKRI, jaga tanah Papua, jaga Papua Barat, jaga Manokwari sehingga semua hidup rukun dan damai. 

“Jaga alam, jaga hutan, jaga laut kita, birukan langit dan hijaukan bumi serta mewujudkan pilkada berjalan dengan demokratis jujur aman dan damai tetap mematuhi protokol kesehatan” ujar Dominggus. 

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penganggulangan bencana alam di Manokwari oleh personil gabungan.*