KO’GAS  Peringati Hari Pahlawan dalam Kebersamaan dan Keberagaman

Komunitas Gowes (KO'GAS) Jayapura saat berada di Skow/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Komunitas Gowes (KO’GAS) Jayapura dari berbagai kalangan dan berbagai model sepeda memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November dengan bersepeda dari Skow Perbatasan RI-PNG ke Koya Timir dengan jarak tempuh 36 kilometer. KO’GAS mengusung tema 'Gowes Kebersamaan Dalam Keberagaman’. Diharapkan dapat merefleksikan kembali perjuangan para pahlawan.

Wakil Ketua KO’GAS Abdy mengungkapkan tema  gowes agar kita semua menikmati betapa indahnya sebuah kebersamaan yang dibangun di atas keanekaragaman.

“Sebab, keanekaragaman itu akan terlihat dalam kebersamaan. Kebersamaan dalam keanekaragaman akan membantu kita untuk mengenal dan memahami diri kita sendiri dan orang lain. Sebab kita mengenal diri kita berbeda dengan orang lain, pada saat kita berada dalam kebersamaan,”ujar Abdy

Koordinator Lapangan Leo Irawan dan Wakil Ketua KO'GAS, Abdy/Istimewa

"Kegiatan gowes bersama ini adalah murni partisipasi KO’GAS, selain itu  untuk memperingati Hari Pahlawan, sekaligus juga untuk mempererat persaudaraan KO’GAS. Tentu saja, juga untuk menjaga agar badan tetap bugar di tengah pandemi Covid-19 ini,"ungkap Koordinator Lapangan KO,GAS, Leo Irawan, Minggu (8/11/2020) pagi. Dalam perjalan gowes dilakukan 3 kali pemberhentian di Kantor Distrik Skow, jalan Poros Tengah  pertigaan masuk Koya Timur dan finis di Koya Barat.   

Sementara itu Kepala Kantor Komnas HAM Papua Frist Bernard Ramandey yang ikut dalam gowes, mengatakan olahraganya dapat, kebembiraaannya dapat. “Ini hal-hal posifif yang harus dijaga untuk kesehatan kita, apalagi saya lihat berbagai macam jenis sepeda ikut dalam kegiatan ini. Hal ini baik menunjukan keberagaman juga kebersamaan untuk bersepeda bersama-sama,“ujarnya.*