Turunkan Berat Badan Hanya dengan Tidur yang Cukup

Net

WARTAPLUS - Beragam cara untuk dapat menurunkan berat badan. Namun tanpa disadari ada cara yang cukup mudah untuk mendapatkannya, yaitu memiliki waktu tidur yang cukup. Ya, tidur yang cukup ternyata bisa mengurangi berat badan kita lho. Sebaliknya, jika kamu kekurangan waktu tidur, berat badanmu justru akan bertambah.

Hal itu dikarenakan kurangnya waktu tidur dapat menambah konsumsi kalori dalam tubuhmu. Tidur dengan waktu yang cukup dapat mengontrol rasa laparmu, sehingga hormon leptin dan ghrelin berada di kondisi yang seimbang.

Hormon leptin sendiri merupakan hormon yang memberitahu otakmu saat kamu kenyang, sedangkan hormon ghrelin adalah hormon yang memberitahu kapan kamu harus makan. Tidak hanya itu saja, tidur yang cukup juga akan membantumu mengontrol hormon stress. Ketika hormon stressmu terkontrol, kamu akan secara otomatis mengurangi waktu ngemil di malam hari. Di sisi lain, gula darah yang terdapat dalam tubuhmu pun ikut terkontrol.

Kebanyakan orang sering tidak menyadari bahwa tidur bisa memulihkan kondisi tubuh mereka secara berangsur-angsur. Seperti yang kita tahu, kita tentu tidak makan ataupun minum ketika kita tidur. Hal itulah membuat tubuhmu bisa rileks dan beristirahat. Ketika tubuh beristirahat dengan baik, timbunan lemak di tubuh juga bisa berkurang. [net]