Pemkab Puncak Akan Bangun Jembatan Penghubung Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya dan Jayapura 

Bupati Puncak Papua Willem Wandik,SE,M,Si,saat memantau pengukuran rencana pembangunan jembatan sementara di kampung amunggi, Distrik Ilaga Utara, jembatan ini akan menghubungkan Distrik Sinak dan Ilaga, Sabtu 26 september 2020/Istimewa

PUNCAK, wartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak dalam waktu dekat akan membangun jembatan yang menghubungkan jalan trans Papua ke Distrik Sinak dan Distrik Ilaga serta tiga kabupaten lainnya, di kampung Amunggi.

“Pembangunan jembatan di kampung Amunggi nantinya akan menghubungkan SInak dan Ilaga, nantinya juga menghubungkan, ke Kabupaten Puncak Jaya, Jayawijaya dan Jayapura, sejauh jalan ini sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, meski jalannya masih belum diaspal,” ungka Bupati Puncak, Willem Wandik bersama rombongan DPRD Puncak ketika  melihat lokasi pembangunan jembatan di kali Jilla, Sabtu (26/9) siang.

Menurut Bupati Puncak pembangunan jembatan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat dan di targetkan rampung pada oktober mendatang. “Kontruksinya hanya jembatan sementara saja, yang terpenting adalah jembatan ini bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, maka jalan trans Papua dari Jayapura ke Wamena,melewati Puncak Jaya, lalu ke Distrik sinak selanjutnya ke Ilaga sudah bisa dilalu,” cetusnya.

Ia pun menjelaskan dengan di bangunnya jembatan tersebut diharapkan nantinya dapat membawa perubahan bagi masyarakat Puncak, baik dari sisi ekonomi. “Jika akses jalan trans Papua ini sudah rampung, saya yakin ekonomi masyarakat meningkat, daerah yang dulunya terpencil, tertinggal, terbelakang, semuanya akan berubah, karena adanya akses jalan darat ini,”terangnya.

Bahkan Willem Wandik,merencanakan dirinya akan melakukan kegiatan tour kendaraan menggunakan jalur darat, dari Jayapura, ke wamena,Mulia dan Ilaga. “Kita sampaikan terima kasih kepada Pak Presiden Joko Widodo dan Menteri PU yang sudah melakukan gembrakan dengan membangun jalan trans Papua ini, kita harapkan jalan ini bisa di aspal, karena manfaatnya sangat besar bagi pembangunan di daerah ini,”bilangnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Puncak pun melakukan tatap muka dengan warga setempat, yang mana masyarakat mendukung pembangunan itu serta meminta agar dalam proses pembangunan masyarakat dapat dilibatkan.*