Gabriel Wakerkwa Jabat Dua Periode Ketua Dewan Kesenian Puncak

Sekda Puncak Drs Abraham Bisay, saat menyerahkan SK kepada Gabriel Wakerkwa sebagai Ketua Dewan Kesenian Puncak yang terpilih/Istimewa

PUNCAK,wartaplus.com - Gabriel Wakerkwa, ST secara sah terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke- I, dalam rangka memilih kepengurusan baru periode tahun 2020-2025, beberapa waktu lalu.

Kegiatan Musda ini pun mendapat apresiasi dari DKTP Provinsi Papua, melalui Wakil Sekretaris Pdt. Wellem Mauri, STh, yang hadir dalam Musda tersebut, menyampaikan dengan dilakukan reorganisasi ini, maka DKTP Puncak memiliki hak untuk ikut dalam Musda DKTP tingkat provinsi Papua, yang direncanakan akan digelar  tahun ini.

Sekda Puncak Drs Abraham Bisay, mewakili Bupati Puncak Willem Wandik berpesan agar dalam kepengurusan periode lima tahun ini, dimana pimpinan yang baru dan anggota DKTP Puncak, harus terbuka dalam mengelola manejemen organisasi, sehingga tak ada kecurigaan dari anggota yang lain.

Selain itu, terangnya, harus mampu melibatkan semua anggota DKTP Puncak dalam kegiatan, untuk mengangkat potensi-potensi kesenian di Puncak, karena Puncak memiliki nilai budaya, tradisi, alam, yang cukup tinggi. Namun belum dikelola dengan baik.

“Sekecil apa pun kegiatan kita harus terbuka, baik dana hiba, sehingga pengurus dan anggota percaya kita. Dengan demikian, kegiatan kita bisa optimal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Musda DKTP Puncak Yakob Magai, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Puncak mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan DKTP Puncak, sebab untuk membangun potensi budaya dan wisata di Puncak membutuhkan orang-orang yang paham dan tahu akan nilai seni dan tradisi.

Sementara itu, Ketua terpilih DKTP Puncak Gabriel Wakerkwa menyampaikan dalam kepemimpinannya lima tahun pertamasudah banyak kegiatan yang dikerjakan, untuk mengangkat potensi seni di Puncak. Sekaligus membawa nama baik Puncak baik tingkat provinsi dan nasional, meski dirinya mengakui masih ada kekurangan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk menjalankan program yang lebih baik lagi ke depan, guna mengangkat potensi seni dan budaya di kabupaten tertinggi di Indonesia ini.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Puncak terutama Pak Bupati, yang selama ini membantu dan melihat kita. Tanpa pemerintah kami tak bisa jalan sendiri kedepan. Kita akan membuat lebih baik lagi guna mengangkat potensi-potensi seni yang ada di Puncak,”ujarnya.*