Otsus Jilid II Harus Transparan

Ketua Masyarakat Pegunungan Tengah wilayah Keerom, Simon Kosay/dok.Pendim Jayapura

KEEROMwartaplus.com - Simon Kosay, Ketua Masyarakat Pegunungan Tengah wilayah Keerom merupakan salah satu dari banyak orang Papua yang mendukung Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid 2.

"Kami sangat mendukung Otsus jilid 2 karena dengan adanya Otsus kami melihat sudah banyak perubahan untuk orang asli Papua" ungkap Simon, Kamis (10/9)

Ia berpesan kedepannya Otsus jilid 2 ini harus lebih transparan dalam penggunaannya mulai dari tingkat Provinsi, kabupaten, distrik hingga ke masyarakat paling bawah 

"Pemerintah harus lebih terbuka kepada masyarakat sejauh mana penggunaan Otsus untuk kepentingan masyarakat Papua" tegasnya.

Simon juga berharap semua instansi dan lembagai pemerintah baik pemerintah daerah, TNI Polri harus ikut mendukung dengan membantu mensosialisasikan tentang Otsus.

"Sehingga tidak ada kesalahpahaman dengan saudara kita yang menolak akibat belum paham," harapnya

Dilansir dari bisnis.com, Menteri Keuangan, Sri Mulyani menegaskan dana otonomi khusus pada tahun anggaran 2021 meningkat menjadi Rp19,9 triliun

dengan rincian untuk Papua dan Papua Barat serta Aceh masing masing sebesar Rp7,8 triliun atau naik 3,3 persen dari tahun 2020.

Sedangkan dana tambahan infrastruktur dalam rangka otsus sebesar Rp4,3 triliun. (Adv)